Tim Perahu Naga Indonesia Raih Sukses di China

Tim perahu naga Indonesia kembali menorehkan prestasi di Kejuaraan Internasional Dragon Boat di China. Andri Agus Maulana dkk menjadi jawara setelah usai jadi yang tercepat di Kejuaraan Qinzhou Dragon Boat Race 2016.

Pada perlombaan yang digelar di Qinzhou, China, Sabtu (18/6/2016), Andri dkk berhasil menjadi yang tercepat setelah mencapai garis finis dengan catatan waktu 2 menit 27,65 detik. Tim Indonesia berhasil menyingkirkan peserta lain dari China dan Hong Kong.

Keberhasilan ini menjadi kali ketiga sepanjang perlombaan dragon boat yang digelar di tiga kota di China, yaitu Kaifeng, Nanning, dan Qinzhou.

Sebelumnya, tim perahu naga meraih dua medali emas pada Hakka International Dragon Boat Race Tournament di Kaifeng, China, 7-9 Juni 2016 pada nomor 200 meter dengan mencatat waktu 40,72 detik dan jarak 500 M dengan mencatat waktu 1 menit 48,69 detik.

Sementara di Nanning, tim perahu naga menjadi juara umum di Kejuaraan Asia International Dragon Boat Races di Nanning, China, 11-12 Juni 2016. 

Direktur Perfoma Tinggi Lomba 1 Satlak Prima, Hadi Wihardja, mengatakan hasil yang ditorehkan tim perahu naga saat bertanding di tiga kota China sudah sesuai dengan ditargetkan Satlak Prima di tahun 2016.

"Sudah sesuai untuk tahun 2016. Tapi tetap ada parameter yang mereka harus capai agar dua emas Asian Games 2018 menjadi nyata," kata Hadi.

"Salah satu dari parameter adalah belajar dari kesuksesan dragon boat di Asian Games 2010. Bagaimana kekuatan individual saat itu. Tugas pelatih harus menciptakan kekuatan individual atlet nanti lebih baik Dari personal di 2010," lanjut dia.

Di samping itu, perlu ada penambahan personel untuk dragon boat mengingat di Asian Games akan mempertandingkan 12 pedayung. Saat ini sudah ada 14 atlet yang dipelatnaskan dengan dua cadangan.

"Tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik perlu dilakukan kompetisi dan menambah jumlah atlet untuk dipelatnaskan menjadi 20. Dengan demikian persaingan untuk para atlet semakin hari semakin ketat dan tidak ada atlet yang lengah jika pola kepelatihannya tidak konsisten. Dengan demikian pada saat Asian Games benar benar terbentuk tim yang kuat untuk menghadapi negara manapun,"Hadi menjelaskan.

Dia juga berharap kesuksesan yang dicatatkan tim perahu naga tahun ini menjadi langkah awal kebangkitan tim dayung di Asian Games nanti.

"Semoga ini menjadi awal kebangkitan untuk bisa meraih medali emas pada Asian Games 2018," tutupnya. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar