Atlet Indonesia di Olimpiade Rio Dapat Uang Saku 241 Dolar AS per Hari

Para atlet Indonesia di Olimpiade Rio akan dibekali dengan uang saku sebesar 241 dolar AS (sekitar Rp 3,1 juta) per hari. Proses pencairannya akan dimulai hari ini.

"Kemungkinan akan diberikan sebelum ke berangkat ke Brasil tapi kalau pun tidak, di sana akan langsung kami berikan. Tidak lewat transfer tapi langsung. Diberikannya pun dalam bentuk dollar," kata Chef de Mission Kontingen Indonesia Raja Sapta Oktohari, Selasa (19/7/2016).

Uang sebesar 241 dollar AS itu nantinya tidak akan diberikan penuh melainkan setengahnya. Menurut Okto, itu dilakukan supaya sepulangnya ke Tanah Air para atlet punya pegangan.

"Setengahnya setelah di Indonesia kami akan berikan supaya mereka punya pegangan," ujarnya.

Uang saku itu sendiri saat ini masih berada di Komite Olimpiade Indonesia. Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Jenderal KOI Doddy Iswandi mengatakan jika pihaknya akan memproses pencairan uang saku untuk para atlet pada hari ini.

"Hari ini akan kami cairkan dan paling lambat besok ceknya akan kami berikan kepada CdM. Tapi dana yang kami berikan hanya untuk uang saku dan kebutuhan operasional untuk CdM. Sementara lainnya, seperti tiket, pengadaan perlengkapan dan peralatan tanding itu KOI yang kerjakan," ucap Doddy.

Doddy menambahkan bahwa saat ini pihaknya baru menerima 70 persen dari dana yang seharusnya diberikan pemerintah, yaitu Rp 35 miliar. Sementara sisanya menyusul setelah laporan anggaran 70 persen selesai dan akan diberikan sebelum keberangkatan ke Brasil.

"Dari jumlah 70 persen itu sudah kami belikan tiket seperti angkat besi dan bulutangkis yang saat ini tengah training camp di cape town dan Sao Paulo. Itu sudah selesai tapi uang saku belum memang karena itu domain CdM," tuturnya.

Kontingen Indonesia pada Olimpiade 2016 saat ini berjumlah 28 atlet dari 7 cabang olahraga, yaitu bulu tangkis (10), angkat besi (7), panahan (4), dayung (2), atletik (2), renang (2), dan balqp sepeda (1). Dari 28 atlet yang lolos, tiga diantaranya berlaga di Rio dengan fasilitas wild card, yaitu Glenn Victor Sutanto, Yessy Yosaputra (renang), Sudirman Hadi (atletik).

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar