Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur yang Megah

Kawasan Indonesia Timur juga punya jembatan baru yang mentereng. Ada Jembatan Merah Putih di Ambon yang megah dan bisa jadi destinasi wisata keren.

Pembangunan di kawasan Indonesia Timur kini mulai mengejar di bagian barat. Itu dibuktikan dengan mulai tersambungnya Jembatan Merah Putih yang terus dikebut pengerjaannya. Sekarang jembatan ini pun tinggal tahap finishing dan menunggu untuk diresmikan Presiden Jokowi.

Jembatan Merah Putih menghubungkan wilayah Hative Kecil (sisi Galala) dengan wilayah Rumah Tiga (sisi Poka) di Teluk Ambon. Jembatan ini menjadi unik karena akan menjadi yang terpanjang di belahan timur Indonesia.

Panjang totalnya mencapai 1.140 meter dan dibagi menjadi 3 bagian. Tinggi jembatan yang membelah Teluk Ambon ini mencapai 34,1 meter di atas permukaan laut. Megah!

Bagian pertama Jembatan Merah Putih yaitu jembatan pendekat Poka (Poka approach bridge) sepanjang 520 meter. Bagian kedua ialah jembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 meter, dan bagian terakhir yaitu jembatan utama (main bridge) dengan panjang 300 meter.

Total biaya untuk membangun jembatan ini mencapai Rp 700 Miliar. Jika sudah resmi beroperasi, jembatan megah ini bisa dipastikan akan menjadi urat nadi penghubung yang vital di Kota Ambon. Jarak akan makin pendek, ekonomi akan makin maju, pariwisata juga jadi diuntungkan.

Bayangkan saja, waktu tempuh dari Bandara Pattimura menuju ke tengah Kota Ambon yang sebelumnya memakan waktu 1 jam, dengan adanya jembatan ini menjadi hanya 10-15 menit saja. Nilai plus lainnya adalah bisa untuk berwisata juga!

Selain untuk akses transportasi yang penting, bagi warga Ambon Jembatan Merah Putih ini menjadi lambang persatuan dan kebersamaan. Bagaimana jembatan ini menjadi penyambung antara dua bagian yang semula terpisah, kini tersambung menjadi satu.

Rencananya juga, aksesori tambahan berupa lambang-lambang keagaamaan akan dibuat di sepanjang jembatan sebagai simbol persaudaraan dan persatuan. Jembatan ini seperti menjadi simbol bersatunya warga Ambon dalam balutan nasionalisme Indonesia.

Sampai saat ini progress pembangunan Jembatan Merah Putih sudah mencapai 95-96%, tinggal diujicoba untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengguna yang melintas. Jika sudah beroperasi, Jembatan Merah Putih akan jadi ikon baru Kota Ambon yang keren!


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar