Aceh International Rapa'i Festival Akan Digelar Akhir Bulan Ini

Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau Aceh punya seni musik perkusi Rapa'i. Jika penasaran, datanglah ke Aceh International Rapa'i Festival akhir bulan ini.

Apabila orang Jawa punya seni gamelan, maka orang Aceh punya seni musik perkusi Rapa'i. Akhir bulan ini, seni musik Rapa'i pun akan dipertontonkan dalam Aceh International Rapa'i Festival yang diselenggarakan di Banda Aceh pada 26-30 Agustus 2016.

Kemeriahannya pun dipertunjukkan dalam acara press conference Aceh International Rapa'i Festival 2016 yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kamis malam (4/8/2016). Tarian khas Aceh seeperti Tari Sedati, Tari Guel hingga perkusi Rapa'i dipertontonkan di depan para tamu undangan.

Pada acara itu turut hadir Menpar Arief Yahya, Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan MM yang mewakili Gubernur Aceh, serta Kadisbudpar Aceh, Reza Pahlevi dan segenap jajaran Kemenpar serta anggota DPR asal Aceh. Acara pun dibuka oleh pidato Dermawan MM tentang musik perkusi tradisional rapai.

"Rapa'i adalah salah satu atraksi seni musik perkusi yg berasal dari Timur Tengah (Baghdad) yang dibawa oleh pesiar Islam ke Aceh yg bernama Syeh Rapi. Event ini diharapkan akan menjadi daya tarik wisatawan itu sendiri serta media efektif untuk memperkenalkan khazanah budaya Aceh di dalam dan luar negeri," ujar Sekretaris Daerah Aceh," Dermawan.

Selain menjadi ajang memperkenalkan budaya Negeri Serambi Makkah, Aceh International Rapa'i Festival 2016 juga dihadiri oleh para penampil dari dalam dalam dan luar negeri. Dari luar sudah ada lima dari tujuh negara yang sudah mengkonfirmasi. Antara lain China, Thailand, Malaysia, Jepang dan Iran.

Sejumlah musisi kenamaan dari dalam dan luar negeri juga dipastikan hadir untuk mengisi acara. Dari dalam negeri ada Tompi hingga drummer Gilang Ramadhan, hingga Daoood Debu. Sedangkan dari luar negeri ada Steve Thornton.

"Harapan kita melalui fair ini Aceh akan lebih dikenal kekayaan musik tradisonalnya, budayanya juga wisatanya. Kita usahakan event ini terus menjadi tahunan dan fokus semakin besar," ujar Kadisbudpar Aceh, Reza Pahlevi.

Venue acara pun akan bertempat di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. Kosongkan jadwal Anda dan segeralah beli tiket untuk menonton Aceh International Rapa'i Festival 2016 yang akan diselenggarakan pada 26-30 Agustus mendatang. Festival pun tidak dipungut biaya alias gratis!

"Saya rasa nanti eventnya akan jauh lebih hebat dripada teasernya. Jadi silakan datang ke aceh pada tanggal 26-30 Agustus 2016," tutup Menpar Arief Yahya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar