Cunca Rami, Si Cantik yang Tersembunyi di Flores

Liburan di Flores, traveler tak hanya bisa bertemu komodo. Ada pula air terjun cantik yang bisa ditemukan di sana, salah satunya bernama Cunca Rami.

Cunca Rami terletak di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Kalau dari Labuan Bajo jaraknya sekitar 35 km. Air terjun yang indah ini masih sepi dari wisatawan dan letaknya agak tersembunyi di antara hutan serta areal persawahan warga.

Untuk mencapai Cunca Rami beberapa pekan lalu, saya naik kendaraan dari Labuan Bajo dan dilanjut trekking sekitar 40 menit. Jalur trekking berupa jalan setapak di tengah hutan, sebelum akhirnya melewati sawah dan menyeberangi sungai.

Trekking kali ini jalurnya cukup sulit, apalagi waktu itu di tengah perjalanan hujan turun dengan derasnya. Karena tak ada tempat berteduh dan tak membawa payung, mau tak mau perjalanan tetap berlanjut dengan daun besar yang dipakai untuk melindungi kepala.

Tak lama kemudian, akhirnya saya sampai juga di depan air terjun yang masih perawan ini. Rasa lelah rasanya terbayar ketika melihat kecantikan Cunca Rami yang tingginya mencapai 70 meter. Ada kolam memantulkan warna hijau toska di bawahnya.

Menurut pemandu lokal yang ikut menemani selama perjalanan, kolam tersebut cukup aman untuk berenang. Airnya memang tampak tenang dan seperti memanggil untuk berenang. Seorang turis mancanegara yang baru tiba di air terjun pun langsung bersemangat untuk lompat dan berenang di sini.

Tapi kalau tidak ingin berenang, cukup duduk di tepian kolam sambil menikmati pemandangan Cunca Rami dengan latar suara gemuruhnya pun menyenangkan. Setelah puas menikmati keindahannya dan berfoto di sekitar air terjun, saya pun bersiap pulang.

Berkunjung ke Cunca Rami tidak perlu membeli tiket masuk. Tapi tersedia tempat untuk turis yang ingin memberikan donasi. Pemandu wisatanya adalah para warga lokal, untuk satu rombongan turis akan ditemani oleh satu atau dua orang pemandu.

Sumber : http://travel.detik.com/

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar