Dari Trio Srikandi Sampai Eko Yuli, Ini Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade

Baru di tahun 1988 Indonesia bisa meraih medali pertamanya di Olimpiade. Tapi setelah itu bendera Merah Putih selalu bisa berkibar di event olahraga terbesar itu.

Indonesia tercatat mulai ikut Olimpiade di tahun 1952, yang ketika itu digelar di Helsinki, Finlandia. Baru berumur tujuh tahun, Indonesia yang ketika itu baru merdeka pulang dengan tangan kosong.

Kecuali di Tokyo (1964) dan Moskow (1980), Indonesia sejak saat itu selalu mengirimkan atlet-atletnya untuk bersaing menjadi yang terbaik. Indonesia harus menunggu sangat lama untuk bisa meraih medali pertamanya. Tepatnya baru pada Olimpiade Seoul di tahun 1988 ada medali bisa dibawa pulang ke tanah air.

Sejarah besar untuk dunia olahraga Indonesia itu dicatatkan oleh trio pemanah Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani. Turun di nomor beregu putri, mereka berhasil merebut medali perak.

Pada Olimpiade Barcelona yang digelar empat tahun kemudian, Indonesia diuntungkan dengan mulai diperlombakannya cabang bulutangkis. Di waktu itu, Indonesia adalah kekuatan utama bulutangkias dunia bersama China.

Benar saja, sejarah lain tercipta. Lagu Indonesia Raya berkumandang dua kali di Barcelona. Susy Susanti dan Alan Budikusuma mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia masing-masing di nomor tunggal putri dan tunggal putra. Total lima medali dibawa pulang Indonesia dari Olimpiade 1992 (2 emas, 2 perak, 1 perunggu).

Setelah itu Indonesia selalu bisa meraih medali di setiap edisi Olimpiade yang diikuti. Malah cabang bulutangkis berhasil membuat tradisi medali emas. Sayangnya empat tahun lalu tidak ada emas dibawa pulang ke Indonesia.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar