Mahasiswa UNY Raih Emas Kompetisi Inventor Dunia 2016 di Korsel

Tim Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menorehkan prestasi membanggakan dengan berhasil meraih medali emas (Gold Medal) dan Semi Grand Award dalam ajang World Invention Creativity Contest 2016 yang berlangsung pada 28 – 30 Juli 2016 di Seoul Trade Exhibition & Convention (SETEC) Hangnyoul, Korea Selatan.

Tim yang  tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian UNY ini terdiri dari Fauziyyah Diyah Anggita Sari (Kimia 2014) sebagai ketua dan beranggotakan Rizka Alina Rahmawati (Pendidikan Bahasa Inggris 2013), Titik Wulandari (Matematika 2014), Shinta Hanifati (Pendidikan Fisika 2013), serta Rizal Justian Setiawan (Teknik Mesin 2014) meraih medali dan penghargaan lewat karyanya yang berjudul Utilization of Waste Melinjo (Gnetum gnemon) as Environmentally Friendly Briquette Material.

Acara ini diikuti oleh ratusan inventor dari beberapa negara diantaranya Malaysia, Korea Selatan, Vietnam, Amerika Serikat, Taiwan, China, Filipina, dan beberapa negara lainnya. Delegasi Indonesia dalam WICC kali ini diwakili oleh Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Kompetisi ini diadakan oleh  Korea University Invention Association (KUIA) bekerja sama dengan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) yang merupakan anggota resmi International Federation of Inventors Association (IFIA), World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA), MILSET International dan MILSET Asia, AIA, Asian Caucus of Invention Associations (ACIA), ACSIA, IRIS, dan TISIAS-Kanada.

Kompetisi ini berkonsep exhibition dan presentasi dimana setiap  inventor mendapat  standbooth dengan penilaian oleh juri melalui sistem presentasi tanya-jawab menggunakan bahasa Inggris. Adapun beberapa hal yang dipersiapkan dalam ajang ini adalah poster, leaflet, artikel dan produk invensi. Juri  dari berbagai negara berputar mengunjungi setiap standbooth dan melakukan tanya jawab dengan inventor. Adapun beberapa hal yang ditanyakan oleh juri adalah hal-hal seputar deskripsi karya, keunggulan produk, implementasi, dan paten.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari pertama (28/7) adalah menata standbooth yang akan dinilai oleh juri. Semua peserta saling berlomba untuk mempersiapkan standbooth terbaik mereka. Pada hari selanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan yaitu exhibition dimana setiap tim menjelaskan karya yang telah dibuat yang selanjutnya dilakukan penilaian oleh juri. Pada hari ketiga (30/7) diselenggarakan Award Ceremony, yaitu pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan.

Sumber: uny.ac.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar