Pantai Nglambor

Tidak akan pernah cukup waktu kita untuk menggali dan merasakan semua keindahan alam Indonesia, karena jumlahnya dan keunikannya sangat banyak dan beranekaragam. Sebagai contoh di sepanjang pantai selatan pulau Jawa ratusan bahkan ribuan Pantai dan Pulau kecil yang merupakan objek wisata kekayaan alam Indonesia. Yang satu ini adalah Pantai yang berada di daerah Wonosari yang bernama Pantai Nglambor Wonosari.

Secara administratif rute menuju Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai Nglambor adalah lokasi yang baik untuk Snorkeling, ketika orang mencari tempat snorkeling yang bagus di Jogja adalah di Pantai ini Pantai Nglambor. Lokasinya sekitar 70 km dari kota Jogja, keindahan pantai Nglambor tidak diragukan lagi dan uniknya dari pantai  Nglambor adalah terdapat dua karang besar yang menyerupai kura-kura.

Keistimewaan lain dari pantai Nglambor adalah air lautnya yang jernis sehingga pengunjung dapat leluasa melihat karang, ikan dengan berbagai jenis, rumput laut dan aneka biota laut dari permukaan air. Selain itu pengunjung dapat melakukan aktifitas snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak, karena memang lokasi pantai Nglambor ini berada di teluk. Tidak jarang pengunjung luar jogja pun banyak yang berdatangan ke pantai Nglambor. Apalagi harga paket snorkling Pantai Nglambor juga sangat murah.

Rute Menuju Pantai Nglambor Wonosari
Bagi Anda pencinta traveling yang berencana berkunjung ke Pantai Nglambor jangan khawatir karena artikel ini akan menjelaskan tentang rute menuju Pantai Nglambor Wonosari, harapannya untuk dapat membantu sahabat traveler yang akan berkunjung.

Rute menuju Pantai Nglambor Wonosari, memang terbilang cukup jauh dari kota Joga dan sedikit menyulitkan bagi wisatawan yang akan berkunjung jika tidak menggunakan kendaraan pribadi. Saran kami cara termudah adalah dengan menyewa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil yang sangat banyak tersedia di pusat kota Jogja. Sekalipun Anda ingin memaksa menggunakan angkutan umum untuk pergi ke Pantai Nglambor yang pertama Anda tuju yaitu terminal Giwangan Yogyakarta. Karena hampir semua transportasi umum di Jogja memulainya dari terminal  yang berada di selatan Yogjakarta ini. Tepatnya di Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Jika Anda pergi ke Jogja dengan kereta api dari kota-kota lain maka Anda akan menuju Stasiun Tugu, selanjutnya Anda akan berjalan ke arah Malioboro dan menuju halte Transjogja, Transjogja sama seperti halnya Busway di Jakarta namun jalannya tidak dipisah dan bersamaan saling berbagi dengan pengguna jalan yang lain. Anda dapat menanyakan ke petugas halte untuk bus tujuan terminal Giwangan.

Jika Anda menggunakan pesawat sampai di Bandara Adisucipto Yogyakarta, Anda juga dapat menggunakan Transjogja yang ada di luar bandara untuk menuju terminal Giwangan. Lain cerita jika Anda menggunakan kereta api dan turun di stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Karena halte Transjogja jaraknya cukup jauh dan jika Anda tidak ingin berjalan kaki maka Anda dapat menaiki ojek ataupun becak.

Sesampainya di Terminal Giwangan Anda dapat langsung menuju pemberangkatan AKDP yang menuju terminal bus Dhaksinarga Wonosari, Gunung Kidul. Ada dua jenis bus yang digunakan menuju Wonosari, bus besar namun cukup lama berangkat karena harus tunggu penuh dulu dan bus kecil yang memang cepat jalan karena lebih cepat terisi. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Keindahan selama perjalanan akan membuat 1,5 jam tidaklah terasa.

Ketika Anda sampai di terminal Dhaksinarga Wonosari, Tanya kepada kernet dimana kita bisa mencari bus angkutan pedesaan menuju ke Jepitu via Tepus atau jalur 11. Trayek itu adalah Wonosari – Jepitu via Tepus. Busnya kecil nanti akan melewati Mulo, mentel, Bintaos, Tepus, Purwodadi, Balong dan Jepitu. Untuk menuju Pantai Nglambor kita tinggal bilang ke kernet atau supir untuk turun di pertigaan Desa Purwodadi. Dari sini untuk sampai ke Pantai kita harus berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek dari warga.

Ketika Anda kembali ke kota Jogja jangan lupa untuk menggunakan rute yang sama dan yang terpinting bertanya kepada sopir bus jam trakhir operasi bus meraka sampai jam berapa. Agar Anda dapat mengestimasikan kepulangan dari Pantai Nglambor Winisari. Itulah rute menuju Pantai Nglambor Wonosari, yang dapat Anda ketahui sekedar untuk masukan dan referensi Anda yang akan berkunjung ke Pantai Nglambor.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor dan Paket Snorkling
Untuk masuk ke kawasan Pantai Nglambor ini pengunjung dikenai biaya retribusi yang sudah satu paket jika masuk melalui jalur Pantai baron dkk.  Harga Tiket Masuk pantai Nglambor adalah Rp. 10.000 termasuk juga Pantai Jogan, dan pantai Siung. untuk biaya parkir standar Sepeda Motor Rp. 2.000 Mobil Rp. 5.000 dan Bus Rp. 10.000.  Yang paling menarik dari Pantai Nglambor adalah sensasi Snorkling dan menikmati biota laut di Pantai karang dengan air yang begitu jernih. Untuk harga snorkling di Pantai Nglambor, pengunjung cukup menyiapkan Rp. 35.0000 saja. Tentu saja harga paket Snorkling Pantai Nglambor ini sangat murah karena terdiri dari Baju selam, kacamata snorkle, Foto UW, dan sepatu. Kemanan juga terjamin karena dipandu oleh para Guide yang berpengalaman.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar