Satelit BRIsat Milik BRI Dukung Layanan Perbankan Digital

Saat ini BRI sudah mengoperasikan sendiri satelitnya yang diberi nama BRIsat. Sebelumnya telah dilakukan penyerahan oleh Arianespace selaku perusahaan jasa antariksa asal Prancis kepada bank pelat merah tersebut.

Satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga sudah mengorbit di atas langit Papua. BRIsat diluncurkan dari Guiana Space Center pada Minggu pagi (19/6) waktu Indonesia. Selanjutnya BRIsat sampai pada orbit di atas langit Papua pada akhir Juni.

"Satelit BRI sudah berjalan kira-kira 2 minggu lalu. Sudah mengoperasikan sendiri dan sudah berjalan," kata Direktur Utama BRI Asmawi Syam usai paparan kinerja Bank BRI di Gedung BRI, Jakarta Pusat, pada hari Senin (15/8).

Layanan perbankan digital bank pelat merah itu sudah pasti akan lebih optimal dengan beroperasinya BRIsat. BRI juga ingin memaksimalkan pengoperasian satelit BRIsat terutama dalam memaksimalkan pelayanan perbankan digital.

BRI merupakan satu-satunya perbankan yang memiliki satelit. Oleh karena itu, BRI akan membuktikan kinerjanya dengan memaksimalkan pelayanan perbankan digital. Sehubungan dengan hal tersebut, BRI juga meluncurkan layanan perbankan digital di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta.

"Mulai Senin (15/8) sore BRI akan membuka satu layanan digital banking services. Istilahnya full digital banking services yang didukung oleh satelit BRI, yaitu BRIsat. Pertama kali di dunia hanya BRI yang punya satelit. Showcase kita biar di Terminal 3 Ultimate," tutur Asmawi.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) membuka cabang digital pertamanya di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Cabang digital nantinya akan diberi nama BRI Digital. Tujuannya, untuk mempermudah nasabah BRI dalam mendapatkan layanan perbankan yang mudah dipahami.

Ada satu perangkat video banking di salah satu sudut ruangan BRI Digital di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Perangkat tersebut dapat digunakan untuk melayani kebutuhan nasabah tanpa harus datang ke kantor cabang. Sekilas perangkat itu mirip seperti mesin ATM berbentuk kotak dengan layar berukuran 7-10 inch.

Melalui perangkat video banking nasabah dapat melakukan seluruh transaksi perbankan secara cepat dan aman. Transaksi perbankan melalui video banking juga akan dibantu oleh seorang customer service yang terhubung secara real time dari Kantor Pusat BRI, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, BRI juga akan memperbaiki pelayanan produknya. Penyaluran kredit mikro BRI memiliki porsi terbesar dalam penyaluran kredit. Jadi, setelah BRIsat beroperasi, BRI juga akan mengembangkan layanan kredit mikro. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Asmawi setelah membicarakan satelit BRIsat di Gedung BRI Jakarta Pusat.

"Ke depan kita akan memperbaiki produk. Produk yang pas untuk mikro kita akan melakukan product development mensinergikan dengan bisnis induk," tutup Asmawi.

Nantinya di setiap cabang digital BRI hanya ditempatkan beberapa pegawai saja. Kehadiran pegawai BRI bukan untuk melayani, tetapi untuk memberikan edukasi penggunaan perangkat layanan digital BRI.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar