Wakatobi, 'Balinya' Sulawesi Tenggara

Jika diumpamakan, Wakatobi seperti Balinya Sulawesi Tenggara. Ini artinya, wilayah sekitar Wakatobi seperti Bau-bau dan Buton harus berbenah diri.

"Wakatobi itu Balinya Sulawesi Tenggara. Tempatnya sudah sangat terkenal bagi turis, tinggal dikembangkan wilayah-wilayah di sekitar sini," ucap Sekertaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara pada awak media di sela-sela acara Festival Budaya Tua di Alun-alun Takawa Pasarwajo, Buton, Rabu (24/8/2016) sore kemarin.

Ukus menambahkan, Wakatobi pulaunya sudah banyak dengan memiliki pantai dan bawah laut yang indah. Supaya turis tidak bosan, wilayah di sekitar Wakatobi yakni Bau-bau dan Buton dapat menawarkan potensi wisatanya sendiri seperti air terjun, gua, bukit, hutan serta kearifan lokal budaya.

"Turis itu jangan melulu snorkeling atau diving. Mereka juga dapat menikmati budaya dan kearifan lokal di sini. Kuliner di Buton juga sangat enak sekali," katanya.

Satu hal yang penting jika Bau-bau dan Buton, serta Wakatobi sendiri untuk mengembangkan destinasi wisatanya, tiap pemerintah daerahnya harus kompak. Sama-sama membangun pariwisata dan jauhkanlah kecemburuan sosial.

"Di sini (Bau-bau dan Buton) atraksinya sudah oke, tinggal aksesibilitas dan akomodasi. Semuanya harus kompak untuk membangun wisata, jangan saling cemburu," tutup Ukus.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar