Indonesia Kembali Unjuk Gigi di Frankfurt Book Fair 2016

Sukses sebagai tamu kehormatan atau guest of honour di ajang Frankfurt Book Fair (FBF) tahun lalu, kini Indonesia kembali unjuk gigi. Lewat Komite Buku Nasional yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Indonesia hadir di tiga venue.

Venue pertama adalah Stand Nasional yang luasnya sekitar 200 meter persegi dan memajang sekitar 300 judul buku. Kedua, Stand Buku Anak yang memamerkan buku anak yang dipilih oleh Tim Kurator Independen. Ada 40-50 buku dengan luas seukuran 50 meter persegi. Venue ketiga adalah Agora yang dibangun untuk Indonesia seukuran 50 meter persegi, disertai panggung yang dibutuhkan untuk performance art. 

Selain itu, terdapat lima panggung lainnya sebagai tempat narasumber mengisi acara. Yakni, dua sesi di International Stage, Business Club, dan Show Kitchen di Gourmet Gallery, dan Children Stage.

Beberapa nama penulis Tanah Air juga dijadwalkan menghadiri FBF 2016. Mereka adalah Laksmi Pamuntjak, Eka Kurniawan, hingga Seno Gumira Ajidarma, serta beberapa penulis lainnya. Nantinya, di ajang Happy Hour di stand Indonesia, para co-exhibitor akan berbincang dengan relasi penerbit internasional mengenai peluang kerjasama bisnis sambil menikmati makanan khas Indonesia. 

Eksibisi buku ini merupakan pameran buku internasional terbesar dan tertua di dunia dan dianggap sebagai pameran buku terpenting. Setiap tahunnya, FBF diikuti oleh sekitar 7.000 peserta pameran dari sekitar 100 negara dan pengunjung pameran yang mencapai lebih dari 286.000 orang. Pameran buku ini sudah 500 tahun usianya, dimulai pada abad ke-17 dan berhasil menjadi ruang atau wahana tempat pengunjung dapat memperbarui informasi mengenai pasar penerbitan, berjejaring, dan berbisnis.

FBF juga selalu menarik perhatian pers dan pemberitaan media sehingga berbagai negara berlomba untuk membuat acara menarik. Di pameran ini, selain penerbit, banyak tokoh penerbitan dunia hadir termasuk penulis, ilustrator, editor, komikus hingga pejabat negara. FBF tak hanya menampilkan buku namun juga menawarkan dialog dan diplomasi budaya dari tiap negara.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar