Jack Ma Diajak Jadi Penasihat e-Commerce Indonesia

Presiden Joko Widodo, Menkominfo Rudiantara dan pejabat Indonesia lainnya blusukan ke markas Alibaba di Hangzhou, China. 

Dalam kesempatan itu, menkominfo juga mengundang bos besar Alibaba, Jack Ma, untuk menjadi salah satu penasihat bagi steering committee e-commerce Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini memiliki roadmap e-commerce yang berisi iniaitif-inisiatif. Pelaksanaan inisiatif-inisiatif akan dilakukan melalui struktur kerja yang di dalamnya terdapat steering committee yang terdiri dari para menteri dan ketua/kepala lembaga negara.

"Nah, Menkominfo mengundang Jack Ma untuk menjadi salah satu penasehat bagi steering committee tersebut," kata Noor Iza, Plt. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo dalam keterangan tertulisnya. 

Dengan masuknya Jack Ma sebagai penasehat diharapkan dapat membantu mensukseskan roadmap e-commerce Indonesia melalui pengalaman-pengalamannya.

"Untuk confidence dan jelas arahnya, perlu ada prominent tokoh dunia yang berhasil untuk diposisikan sebagai penasehat. Dimana penasehat itu perlu sekaliber Jack Ma," lanjut Noor Iza.

Lantas, Indonesia butuh berapa banyak orang penasehat sekaliber Jack Ma? "Satu juga sudah hebat. Nanti kapan bisa ada lagi yang lain," tukasnya.

Dalam kunjungan tersebut, menkominfo juga menyampaikan bahwa kerja sama Indonesia dan Alibaba dapat dimanfaatkan untuk mendorong UMKM Indonesia goes online dan global, dengan melalui jalinan kerjasama antara Alibaba dan platform e-commerce Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak serta agregator seperti Nurbaya Inisiatif. 

"Platform nasional kita yang sudah mumpuni dapat menjadi platform agregator untuk bekerjasama dengan Alibaba dalam rangka meraih extention of market to global bagi produk-produk UMKM Indonesia," kata menteri.

Misalnya sebagai informasi Nurbaya inisiatif merupakan gerakan yang membantu tercapainya program 8 juta UMKM goes online yang bekerja sama dengan Kominfo dan Kementerian Koperasi dan UKM. 

Selanjutnya melalui kerjasama dengan Alibaba tersebut, diharapkan membantu langkah UKM Indonesia yang memasuki pasar China melalui TMall dan juga ke wilayah lebih luas dan dunia melalui Aliexpress.

Siapa Jack Ma?

Jack Ma adalah salah satu orang terkaya di China dan dunia. Itu semua berkat kesuksesan bisnis e commerce melalui perusahaan Alibaba Group yang didirikannya. Harta Jack Ma ditaksir sudah mencapai USD 23,3 miliar. 

Alibaba sendiri saat ini adalah salah satu pelaku e-commerce terbesar di dunia. Belum lama ini, mereka membeli mayoritas saham Lazada untuk menjangkau pasar Asia Tenggara. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar