Mahasiswa Ikut Ramaikan Bulan Budaya Lombok dengan Suguhan Teater

Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) 2016 tidak hanya diisi oleh para pegiat seni umum saja. Para mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Mataram pun diberikan ruang untuk berkreasi.

Bertajuk 'Teater Kampus Unjuk Bisa' menjadi ruang bagi pegiat seni pencipta reformasi ini. Berbarengan dengan Pentas Seni Religi, acara teater mahasiswa dimulai dari tanggal 6-8 September di Taman Budaya NTB.

"Ramai banget. Malam ini kan malam terakhir dan tadi sampai nggak muat gedungnya soalnya sampai ratusan orang penontonnya," kata Tezar Ahmad (21), mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester 7 Universitas Mataram yang juga sebagai pimpinan produksi kelompoknya di Jalan Airlangga, Kota Mataram, Kamis (8/9/2016).

Kata Tezar, di tiap malamnya ada 1 pementasan. Malam pertama diisi oleh Teater Sasentra dari Universitas Muhammadiyah Mataram, kedua oleh Teater BKSM Saksi dari IAIN Mataram, dan terakhir dari kelompoknya yakni Teater Putih FKIP Universitas Mataram.

"Kita tadi main hampir satu jam dengan mengadaptasi naskah Pinangan ciptaan Anton Chekov. Isinya tentang pria yang akan melamar wanita. Tetapi diwarnai sengketa tanah dan hewan peliharaan. Intinya pada perebutan wanita," jelas dia.

Dalam pentas kali ini, terang Tezar, terdapat 3 orang pemain utama dengan total 65 orang sebagai tim produksi. Kendala yang dialami oleh kelompknya hanya masalah teknis tempat latihan.

"Persiapan kami ini sudah sejak bulan Juni. Seru, seru banget. Kita dapat euforia dari segala pihak dari pemerintah maupun penonton. Jadi beda banget. Spesial lah," urai Tezar yang mengatakan pula bahwa kelompok teaternya terakhir kali melakukan pementasan di Taman Budaya pada tahun 2013.

"Beda suasana seperti kembali ke rumah lagi. Ini rumah kedua kami. Semoga bisa dipanggil lagi dan bekerjasama serta menjadi batu loncatan juga," imbuh dia.

Pada tempat berbeda, tepatnya di Islamic Center NTB, juga sedang berlangsung malam terakhir Pentas Seni Religi. Seperti pada malam-malam sebelumnya, berbagai kesenian religi yaitu rudat, hadrah, dan rebana ditampilkan pada malam ini. Acara BBLS sendiri masih berlangsung hingga tanggal 16 September mendatang dengan suguhan kesenian serta budaya yang beragam. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar