Tontowi/Liliyana Dipertahankan Hingga Asian Games 2018

Masa depan Tontowi/Liliyana Liliyana Natsir sempat dispekulasikan usai meraih medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Pelatih pelatnas PBSI di nomor ganda campuran, Richard Mainaky, memastikan Owi/Butet bertahan di Cipayung sampai Asian Games 2018.

Spekulasi itu muncul dengan mempertimbangkan usia Liliyana yang genap 31 tahun bulan September ini. Lagipula secara prestasi, pebulutangkis kelahiran Manado itu sudah meraih hampir semua gelar bergengsi: juara All England, juara dunia, dan emas olimpiade.

Fakta-fakta itu ditambah dengan penampilan yang mulai naik turun pasangan Owi/Butet menjelang Olimpiade Rio. Tak sedikit yang menyoroti Butet sebagai penyebabnya karena kecepatan dia di tengah lapangan mulai melambat.

Spekulasi itu kian menghangat setelah muncul wacana memisahkan Owi dan Butet. Namun, Richard memastikan kalau akan mempertahankan Liliyana di pelatnas. Malah diharapkan Butet--sapaan karib Liliyana--bisa menyumbangkan medali emas Asian Games 2018 di Jakarta.

"Pasangan Owi/Butet akan terus berlanjut sampai Asian Games nanti. Selama saya melihat si atlet masih mampu bermain, saya akan lanjutkan," kata Richard di sela-sela penyerahan bonus PBSI kepada Tim Bulu Tangkis Olimpiade 2016 di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Namun, usulan untuk memisahkan keduanya dalam turnamen-turnamen individu dan bukan atas nama negara bukan tak mungkin. Tontowi dan Liliyana akan mendapatkan tugas tambahan untuk mendongkrak pemain-pemain muda.

"Lagipula bagi saya tidak ada istilah lebih baik mundur saat dalam trek yang bagus. Kalau soal pergantian pasangan, hal itu cukup lumrah dilakukan di nomor ganda, bukan?" tutur dia. 

Justru pekerjaan rumah Richard yang lebih besar adalah mencari ganda campuran kedua. Itu menyusul rencana Debby Susanto untuk menikah tahun ini.

"Saya akan memastikan satu pasangan lain untuk Asian Games karena setiap negara mendapatkan jatah mengirim dua pasangan atlet ganda," tutur Richard.

"Saya menilai pasangan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti menunjukkan penampilan yang konsisten. Pasangan lain, Edi Subaktiar/Richi Puspita Dili dan Ricky Widianto/Gloria Emanuelle Widjaja, masih memungkinkan untuk bongkar pasangan," ucap Richard.

Liliyana sendiri terkejut dengan pernyataan Richard itu. Malah dia baru mendengar keputusan itu saat Richard mengungkapkan kepada media.

"Kak Richard belum membahasnya secara serius. Tapi, saya juga harus meyakinkan diri sendiri untuk mengikutinya," kata Butet.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar