40 Koleksi Galeri Nasional Indonesia Dipamerkan di Yogyakarta

Galeri Nasional Indonesia-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program Pameran Keliling yang secara khusus menampilkan dan memperkenalkan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia kepada publik. Kali ini, Pameran Keliling digelar di Galeri R.J. Katamsi, ISI Yogyakarta pada 9-17 November 2015. 

Bertemakan 'Ziarah', aktivitas ziarah atau menziarahi dimaknai sebagai prilaku kontemplasi. "Merenungkan, memahami dan tentang apa yang sudah terjadi. Ziarah juga momentum untuk memetik nilai-nilai pada subjek yang diziarahi," ucap kurator pameran, Suwarno Wisetrotomo dalam keterangannya, Senin (9/11/2015). 

Eksibisi yang sengaja dipamerkan di dalam kampus ini bertujuan unutk memperkenalkan karya para maestro seni lukis yang reputasi, prestasi, dan martabatnya tak bisa dibeli. Tapi diperoleh dari proses pecarian maupun perenungan. 

Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus 'Andre' Sukmana, karya para maestro yang ditampilkan menjadi media visual yang representatif. "Dari seluruh karya koleksi yang dimiliki oleh GNI, cukup banyak karya yang merupakan hasil olah artistik para alumni Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia Akademi Seni Rupa Indonesia (STSRI ASRI) yang saat ini bernama Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (FSR ISI) Yogyakarta," katanya.

Kini, karya-karya para maestro disandingkan dengan karya seniman Eropa di periode 60-an. "pameran ini menguak bukti sejarah yang mengungkap benang merah antara koleksi negara yang dimiliki oleh GNI dengan FSR ISI Yogyakarta," tutur Andre. 

Pameran 'Ziarah' menampilkan 40 karya koleksi pilihan Galeri Nasional Indonesia. Di antaranya adalah karya dari Affandi, S. Sudjojono, Basoeki Abdullah, Bagong Kussudihardja, Abas Alibasjah, Nyoman Gunarsa, Aming Prayitno, Agus Kamal, Jean (Hans) Arp, Sonia Delauney, Hans Hartung, Victor Vassarely, Wassilly Kandinsky, dan perupa kenamaan lainnya.

'Ziarah' akan dibuka pada 9 November di Galeri R.J Katamsi, ISI Yogyakarta dan diresmikan oleh Rektor ISI Yogyakarta Dr.M.Agus Burhan, M.Hum. Esok harinya, digelar Seminar Nasional bertemakan 'Karya Seni Koleksi Negara: Narasi dan Reputasi' pada 10 November 2015 di Galeri Ajiyasa, FSR, ISI Yogyakarta.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar