Indonesia Kini Punya Tim Nasional Hoki Es

Untuk kali pertama, Indonesia memiliki tim nasional hoki es. Mereka akan langsung bertarung membela Merah Putih dalam ajang Asian Winter Games 2017.

Peluncuran timnas hoki itu digelar di Ice Ring, Bintaro XChange, Tangerang, Kamis (29/9). Hadir dalam acara tersebut Ketua KOI, Erick Thohir, yang didampingi Kapten timnas hoki es Indonesia, Jonathan Sudharta.

Karena Indonesia adalah negara tropis, cabang olahraga hoki es tidak populer di negara ini. Sejauh ini hanya tiga kota yang memiliki lapangan hoki es, selain Tangerang, ada juga Jakarta dan Bandung.

Namun prestasi cabor hoki es Indonesia cukup bagus karena beberapa kali mendapatkan penghargaan. Salah satunya adalah di Lion City Cup pada 2-5 Maret di Singapura. Di ajang itu, tim hoki es Indonesia mengalahkan Rusia, Kanada, dan Amerika.

Kini, tim hoki es Indonesia sudah menjadi sebuah kesatuan mewakili nama negara. Mereka langsung bersiap menghadapi Asian Winter Games di Sapporo, Jepang pada Februari mendatang.

Jonathan mengaku sangat senang bisa mewakili Indonesia di Asian Winter Games 2017. Saat ini timnas juga sedang menjalani seleksi yang ketat untuk mencari atlet-atlet terbaik di hoki es.

"Harapan para pemain semua adalah ingin memberikan prestasi dan berkontribusi mengibarkan merah putih di kancah kejuaraan hoki es internasional. Untuk itu, kami memerlukan dukungan dari semua pihak," ujar Jonathan.

Sementara itu Ketua KOI Erick Thohir menyambut baik keikutsertaan Indonesia di Asian Winter Games 2017. Dia berharap timnas hoki es bisa memberikan prestasi dan mempromosikan cabor hoki es di masyarakat dunia dan Indonesia.

"Gagasan yang luar biasa. Berawal dari komunitas, akhirnya mereka berani membentuk timnas, apalagi tak pakai uang negara. Pastinya, harus kami dukung," kata Erick.

Pun demikian dengan Presiden Direktur Federasi Hoki Es Indonesia (FHEI) Berdi Sabri yang menilai Indonesia memiliki potensi yang sama dengan negara Asia lainnya. Rencananya, FHEI akan bergabung dengan KONI dan KOI.

"Ini awal yang baik, semoga kita berprestasi," kata Berdi.

Pada Asian Winter Games 2017, Indonesia bakal turun di tiga cabang yaitu, hoki es, figure skating, dan short track speed skating. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar