Inikah Pemandangan Alam Terbaik di Indonesia?

Salah satu tempat dengan pemandangan terbaik di Indonesia, adalah Pulau Padar di NTT. Sering muncul di Instagram, panorama dari atas bukitnya, sungguh luar biasa!

Bicara soal keindahan alam di Indonesia sudah pasti banyak tempatnya. Tempatnya juga beragam, dari pantai, gua, gunung, danau, hutan, laut dan masih banyak lagi.

detikTravel pada Kamis (27/10) kemarin menjelajahi Labuan Bajo di NTT atas undangan maskapai Garuda Indonesia dalam acara 'Let's Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia'. Berbagai destinasi didatangi, termasuk Pulau Padar yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo.

Dari Pelabuhan Kampung Ujung di Labuan Bajo, boat yang ditumpangi memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga tiba di Pulau Padar. Asal tahu saja, Pulau Padar memiliki posisi yang sejajar dengan Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

"Di Pulau Padar ini tidak dihuni orang, berbeda seperti di Pulau Komodo atau Rinca yang dihuni orang. Pulau Padar pun bentuknya aneh, seperti tanda tambah (plus) begitu," kata Ardiansyah atau biasa dipanggil Ian, pemandu yang menemani rombongan media.

Pulau Padar memiliki bentangan pasir pantai putih. Snorkeling juga bisa, karena terumbu karangnya indah. Tapi di sini paling asyik adalah, trekking!

"Ketinggian Pulau Padar mungkin ratusan mdpl kali ya. Treknya naik terus ke atas, tidak terlalu berat sih hanya saja yang belum biasa trekking akan capek," tutur pria yang akrab disapa Ian yang merupakan orang asli dari Pulau Komodo.

Setelah melewati puluhan anak tangga (yang baru dipasang) dari pesisir pantai, selanjutnya adalah perbukitan yang cukup curam. Jalur trekking sudah tersedia tapi jangan sampai salah melangkah atau petakilan. Sebab di kanan dan kiri adalah jurang!

Saat mendaki, layangkanlah pandangan kamu ke belakang. Lihatlah 3 bagian pulau yang menjorok seperti bercabang. Garis pantainya putih, lautnya biru jernih dan ada pula pulau-pulau kecil di sekelilingnya.

"Ini pemandangan paling cantik mungkin di Indonesia. Foto-foto di sini terus masukin Instagram pasti keren mas. Nggak usah difilter nggak udah diedit," ungkap Ian.

Makin naik ke atas makin cantik lagi panoramanya. Tapi ya itu tadi, kalau jarang trekking pasti mudah lelah. Tak mengapa, istirahatlah sejenak di bawah pohon dan minum dulu untuk membasahi kerongkongan yang kering.

Ah sungguh, saya kehabisan kata-kata menggambarkan Pulau Padar ini. Betul kata Ian, panorama dari Puncak Pulau Padar sungguh amat indah. Tak perlu diedit lagi, karena ini sudah 'diedit' oleh yang Maha Kuasa.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar