Jakarta, Yogya & Bali Curi Perhatian Turis Filipina

Pameran wisata Travel Tour Expo (TTE) 2016 Filipina baru saja berakhir. Hasilnya, banyak paket perjalanan wisata yang dipesan turis Filipina untuk jalan-jalan ke Jakarta, Yogya dan Bali.

TTE 2016 Filipina berlangsung dari tanggal 5-7 Februari kemarin. Tema yang ditampilkan dalam stand Wonderful Indonesia adalah Jakarta, Yogyakarta, dan Bali yang mendapat respon yang luar biasa.

"Ada potensi transaksi sejumlah 1.220 pax dengan nilai Rp 1.440.000.000. Saat ini kami masih menunggu hasil transaksi dari Indonesia Galore dan Konsorsium Wow Indonesia yang masih
berkoordinasi dengan agen-agen lokal di Filipina," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana.

TTE 2016 Filipina adalah pameran pariwisata skala internasional terbesar di Manila yang bersifat B2C (Consumershow). Agendanya diselenggarakan setiap tahun oleh Philippine Travel Agencies Association (PTAA).

"Di Manila, 10 booth Kemenpar banyak mencuri perhatian pengunjung. Designnya kami buat dengan tema modern yang dilengkapi dengan LED Monitor sebagai background pada mini stage dan berbagai image yang mewakili greater Batam, Jakarta dan Bali. Yang paling banyak dicari adalah paket-paket ke Jakarta, Yogyakarta dan Bali," papar Pitana.

Menurut Pitana, pasar Manila masih sangat terbuka. Walaupun, sebenarnya Filipina bukanlah pasar terbesar Indonesia di wilayah ASEAN. Masih jauh tertinggal dari Singapura, Malaysia, Australia, Tiongkok, Jepang, Korea, India, Uni Arab Emirat.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, ada beberapa faktor yang membuat Filipina belum menjadi pasar terbesar untuk Indonesia. Salah satunya, soal penerbangan yang belum tersedia banyak penerbangan dari Filipina ke Jakarta dan belum ada penerbangan Manila ke Manado.

"Direct flight dari Filipina ke Indonesia hanya rute Manila-Jakarta dan Manila-Denpasar yang dilayani oleh Phillipines Airlines setiap hari. Sedangkan Manila-Manado yang jaraknya relatif dekat tidak ada. Penerbangan maskapai lain harus transit dulu Singapura atau Kuala Lumpur," katanya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar