Perjalanan Sarat Inspirasi Peserta Jr. NBA Indonesia Menuju All-Stars

Jr. NBA, sebuah program pembinaan global NBA yang bertujuan untuk memperkenalkan olahraga basket dan gaya hidup aktif bagi anak-anak telah hadir di Indonesia untuk ketiga kalinya. Selain Frisian Flag sebagai mitra penyelenggara di Indonesia, Tahir Foundation sebagai mitra resmi dan Spalding sebagai mitra pendukung, program ini juga turut didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) Republik Indonesia, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia.

Semenjak tahun 2014, program Jr. NBA Indonesia yang dipersembahkan oleh Frisian Flag telah menjangkau lebih dari 355.000 anak, pelatih, dan orangtua. Tahun ini untuk pertama kalinya, program Jr. NBA Indonesia yang dipersembahkan oleh Frisian Flag juga menghadirkan cluster clinic di Surabaya dan school clinic di Bandung.

Program ini bebas biaya dan terbuka untuk anak-anak berusia 5-14 tahun serta para pelatih atau guru olahraga. Sementara untuk peserta yang berusia antara 10-14 tahun berkesempatan mengikuti Selection Camp dan National Training Camp. Hingga akhirnya, 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan dinobatkan menjadi Jr. NBA All-Stars dan berkesempatan untuk merasakan pengalaman unik NBA (NBA Experience) di luar negeri, bersama dengan teman-teman Jr. NBA All-Stars dari negara-negara Asia Tenggara lainnya pada akhir tahun ini.

Selama rangkaian program Jr. NBA, anak-anak diajak belajar dasar olahraga bola basket yang mengedepankan nilai-nilai S.T.A.R yaitu Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerja sama tim), a positive Attitude (sikap positif), dan Respect (saling menghargai).

Yang menarik dalam sesi National Training Camp hadir Marvin Williams, pemain forward dari tim NBA Charlotte Hornets. Dalam sesi bersama bintang NBA ini, terlihat anak-anak antusias mencuri ilmu dari sang bintang untuk meningkatkan kebolehan bermain basket.

"Ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi Indonesia. Jadi, saya sangat bersemangat berbagi pengalaman bersama atlet-atle muda Indonesia," ujar Marvin Williams. "Saya pikir penampilan mereka sangat bagus. Mereka bersenang-senang di sini dan di saat yang sama terlihat bekerja keras untuk menunjukkan penampilan terbaik."

Setelah menjalani tahap demi tahap pelatihan, terpilihlah 15 anak berbakat (10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan) menjadi Jr. NBA All-Stars. Anak-anak ini berasal dari beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Blitar, Semarang, Madiun, dan Sidoarjo.

Mereka berkesempatan mencicipi NBA Experience di Shanghai, Tiongkok, di mana mereka dapat menyaksikan secara langsung NBA Global Games China 2016 yang dipersembahkan oleh Master Kong di Shanghai pada 9 Oktober, bertemu dengan teman-teman Jr. NBA All-Stars dari Asia Tenggara, dan berkesempatan dilatih oleh Legenda atau Pemain NBA.

Kesempatan emas yang mereka dapatkan tak berhenti sampai di situ. 20 peserta Jr. NBA Indonesia, termasuk di antaranya 15 Jr. NBA All-Stars juga mendapatkan dukungan finansial dari program Beasiswa Jr. NBA Tahir Foundation senilai total USD 20.000 untuk mendukung kebutuhan pendidikan mereka. Bahkan melalui Tahir Foundation ini pula, lima pelatih diberikan beasiswa pembinaan berdasarkan komitmen mereka untuk pengembangan basket dan dampaknya terhadap masyarakat melalui pelatihan.

Berbagai benefit ini tentunya membuat tahun ketiga event ini kembali mendulang sukses. Betapa tidak, selain mendapatkan beasiswa dari Tahir Foundation, mereka pun memperoleh inspirasi serta ilmu dari para atlet NBA. Jadi jangan lewatkan kesempatan mengikuti event Jr. NBA tahun depan. Untuk informasi lebih lanjut terkait program Jr. NBA di Indonesia, kalian dapat mengunjungi situs resmi di www.jrnba.asia/indonesia. Para penggemar juga dapat mengikuti perkembangan Jr. NBA di halaman Facebook. Untuk semua informasi tentang NBA, ikuti Facebook NBA Indonesia dan Twitter NBA Indonesia serta add akun resmi NBA di LINE Official dengan ID NBA Indonesia.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar