Pesona Indonesia Nan Rupawan di Tanah Oman

Cantik perempuannya, indah busananya, elok permai alamnya, lezat makanannya, itulah Indonesia. Pesona Indonesia dengan ragam budayanya tampil menggoda dalam INAFair di Oman.

"Kami ingin masyarakat Oman melihat berbagai potensi yang dimiliki Indonesia, baik di bidang pariwisata, perdagangan, maupun investasi, juga tenaga kerja terampil," ujar Duta Besar RI untuk Oman Musthofa Taufik Abdul Latif.

Aneka ragam kuliner dari rendang, sate, sampai nasi goreng, peragaan busana dari batik sampai tenun ikat, dan produk khas Indonesia lainnya dihadirkan dalam festival promosi terpadu Indonesia yang digelar di Muscat Grand Mall.

Sepanjang INAFair, Diaspora Indonesia juga ikut mengenalkan kebhinnekaan Indonesia sekaligus menghibur pengunjung dengan Tari Saman (Aceh), Tari Indang (Sumatra Barat), Tari Cokek (Jakarta), Tari Gambyong (Jawa Tengah), Tari Jaranan (Jawa Timur), Tari Pendet (Bali), Gemu Fa Mi Re (NTT) dan Poco-Poco.

Lihatlah betapa busana penari-penari Pendet nan indah dan kontras dengan busana penari Saman dan Tari Indang, juga busana penari Gambyong yang juga lebih berbeda lagi. Inilah mozaik Indonesia yang multikultural sejak dulu kala.

Suasana makin semarak saat pagelaran busana yang diusung oleh tujuh perancang muda dari tanah air seperti Loviana, Tengku Abdul Jabar, Moretosee, Rumah Ampiek, Tabitha, Lisandra dan Batik Chic.

"Selain untuk mempromosikan Indonesia ke warga Oman, INAFair ini juga memiliki manfaat ganda sebagai sarana untuk merekatkan warga Indonesia di Oman," imbuh Dubes.

Lebih lanjut Dubes mengatakan bahwa Indonesia memandang Oman sebagai salah satu negara terpenting di kawasan Timur Tengah. 

Volume perdagangan Indonesia-Oman memang baru mencapai US$ 355 juta (2015), namun kedua pihak tengah bergairah untuk meningkatkannya melalui berbagai upaya, antara lain Indonesia-Oman Business Forum (April 2016), kunjungan Kadin Al Batinah Utara ke Indonesia (Juli 2016) dan Oman-Indonesia Energy Golf Tournament di Bogor (Oktober 2016).

Menurut Dubes, dari segi pariwisata jumlah wisatawan Oman ke Indonesia terus meningkat pesat. Sepanjang 2014, turis Oman ke Indonesia baru mencapai 4.616 orang, namun pada semester pertama 2016 ini jumlahnya telah mencapai 6.859 orang. 

"Ternyata Oman merupakan penyumbang wisatawan terbesar kedua ke Indonesia di antara negara-negara Teluk setelah Arab Saudi," pungkas Dubes.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar