Indonesia – Armenia Dorong Kerja Sama Ekonomi

"Hubungan bilateral ekonomi Indonesia dan Armenia setiap tahunnya selalu didorong untuk terus meningkat" demikian Menlu RI Retno L.P. Marsudi sampaikan ketika menerima kunjungan Menlu Armenia, Edward Nalbandian, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Indonesia.

Menlu Nalbandian telah dua kali melakukan lawatan ke Indonesia, hal ini menunjukkan posisi Indonesia yang strategis dalam hubungan bilateral kedua negara. Pada kesempatan pertemuan, kedua Menlu membahas berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk memperkuat hubungan biletaral ekonomi. Dalam pertemuan bilateral juga dibahas kemungkinan kerja sama lebih dalam, dalam konteks Eurasian Economic Union (EEU).

"Saling kunjung pengusaha Indonesia dan Armenia, serta mendorong perdagangan langsung untuk komoditas tertentu adalah salah satu cara efektif dalam meningkatkan perdagangan," demikian Menlu RI menyampaikan.

Selain kerja sama ekonomi, kedua Menlu juga membahas kerja sama bilateral di bidang budaya, pendidikan serta pariwisata dan membahas isu global yang menjadi perhatian kedua pihak.

Kedua Menlu juga sepakat masih banyak ruang yang dapat digali lebih jauh dalam berbagai bidang kerja sama, seperti penandatanganan persetujuan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik atau paspor dinas serta MoU Saling Kerja sama antar Kemlu untuk meningkatkan people-to-people contacts.

Armenia adalah negara yang dapat menjadi pintu masuk produk Indonesia ke pasar non-tradisional di kawasan Eurasian Economic Union (EEU). Armenia merupakan mitra dagang RI ke-21 di Eropa Tengah dan Timur. Nilai perdagangan bilateral pada 2015 mencapai USD 2,67 juta, surplus di pihak Indonesia, sebesar USD 2,66 juta dan pada 2014 mencapai USD 4,29 juta, surplus di pihak Indonesia: USD 4,29 juta.

Ekspor Utama RI ke Armenia antara lain adalah kopi, teh, rempah-rempah, kertas dan karton, karet alam dan produk turunannya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar