Tour de Singkarak Diusulkan Mampir ke Kerinci

Gubernur Jambi, Zumi Zola, mengusulkan ajang balap sepeda Tour de Singkarak juga melewati wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, di Provinsi Jambi.

"Saya mengusulkan ke Kementerian Pariwisata agar Tour de Singkarak juga melewati wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Dengan penyelenggaraan Tour de Singkarak tersebut, saya berharap jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jambi meningkat," ujar Zumi Zola di Jambi, Rabu (16/11/2016).

Zumi Zola mengaku sudah mengomunikasikan dengan Menteri Arif Yahya agar membantu Provinsi Jambi dijadikan salah satu rute Tour de Singkarak.

"Saya sudah diskusikan dengan Menteri Pariwisata Pak Arif Yahya. Saya berharap Tour de Singkarak agar juga mengambil rute di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh," ujar Zumi Zola.

Menurut Zola, Kerinci memiliki banyak tempat yang indah dan menawan yang akan membuat pengunjung terkagum. 

"Ada Danau Kerinci, ada Danau Gunung Tujuh yang berada di ketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan laut, ada air terjun, ada perkebunan teh tertinggi kedua di dunia, ada Gunung Kerinci yang menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Saya jamin para peserta Tour de Singkarak akan puas ketika balapan di Kerinci dan Sungai Penuh," jelasnya.

Zumi Zola malah mengusulkan Tour de Singkarak mengambil start di Kerinci. "Atau, bisa juga Kerinci dijadikan finish dari Tour de Singkarak," tambahnya.

Dengan menjadikan Kerinci sebagai bagian rute balapan sepeda Tour de Singkarak, Zola optimis promosi pariwisata Kerinci bakal makin gencar dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana akan bertambah banyak.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty, menyatakan bahwa pihaknya mendukung usulan gubernur Jambi.

"Kita dukung dan kita memang juga sudah merencanakan itu. Hanya saja nanti tinggal kita atur bagaimana kesiapan daerahnya itu," kata Esthy.

Menurut Esthy, dari sisi geografis Kabupaten Kerinci dengan Provinsi Sumatera Barat memang berdekatan. Selain itu Kerinci juga terdapat potensi wisata dan pemandangan alam yang indah seperti Gunung Kerinci dan hamparan kebun teh Kayu Aro.

Namun karena ajang Tour de Singkarak adalah kejuaraan balap sepeda yang menjadi bagian dari seri Persatuan Balap Sepeda Internasional atau Union Cycliste International (UCI), maka harus dilakukan survei dan kesiapan infrastruktur.

"Nanti kita atur dan juga harus ada survei dari UCI untuk melihat kesiapan infrastruktur jalannya, tingkat kesulitannya, kesiapan pemerintah daerahnya dan masyarakatnya. Itu salah satu yang menjadi pertimbangan," katanya menjelaskan. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar