Ajaib! Trenggalek Punya Negeri di Atas Awan

Minggu ini ada long weekend. Ayo main ke Trenggalek, di sana ada Bukit Banyon dengan pemandangan seperti Negeri di Atas Awan.

Kabupaten Trenggalek memiliki daya tarik wisata yang lengkap, mulai dari pantai, gua hingga alam pegunungan. Salah spot yang layak untuk dikunjungi adalah Bukit Banyon, di perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandusari.

Di kawasan perbukitan Banyon, wisatawan dapat menikmati empat keindahan alam sekaligus dalam waktu yang berbeda-beda. Dari matahari terbit, negeri atas awan, matahari tenggalam dan negeri bintang bisa dinikmati semua.

"Untuk sunrise muncul sekitar pukul 05.30 WIB, sedangkan negeri atas awan bisa dinikmati mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB," kata salah satu warga, Marzuki, Minggu (4/12/2016).

Menurutnya, untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dibutuhkan cuaca yang tepat, sama halnya dengan tempat-tempat yang lainnya. Terbitnya matahari di lokasi ini tampak begitu indah, sang surya akan menyembul di sela-sela gugusan pegunungan dan perbukitan yang ada di sisi timur Kabupaten Trenggalek.

Puas menikmati matahari terbit, pengunjung langsung disuguhkan dengan keindahan gumpalan awan yang terhampar menyelimuti permukiman warga dan perbukitan. Ketebalan awan ini tergantung dengan kondisi cuaca.

"Kalau malam hari itu hujan, kabut atau awannya itu tebal sekali, bahkan kita seakan-akan berada di atas awan. Tapi kalau cuaca malam hari itu cerah, kabut yang muncul biasanya tipis, meskipun demikian tetap indah," ujarnya.

Pesona negeri di atas awan tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para traveler untuk berfoto. Tak hanya itu saja, untuk menambah suasana lebih terasa nikmat, wisatawan juga bisa memesan aneka minuman hangat yang ada di warung di sekitar puncak Bukit Banyon.

Jika dua pesona alam pegunungan di pagi hari masih kurang cukup, kita juga bisa menikmati keindahan tenggelamnya sang surya atau sunset. Matahari tenggelam di lokasi ini dapat disaksikan sekitar pukul 17.30 WIB.

"Nah, malam harinya masih ada lagi yang bisa keindahan alam yang bisa dinikmati. Gemerlap jutaan lampu yang ada permukiman itu kalau malam mirip dengan bintang-bintang," imbuhnya. 

Salah seorang traveler, Wildan mengaku baru pertama mengunjungi lokasi kawasan Bukit Banyon. menurutnya lokasi wisata alam tersebut cukup menarik dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata yang lebih reperesentatif.

"Mungkin kalau ditambah semacam gazebo atau kursi taman akan lebih menarik, sayang banget kalau wisata alam yang bagus ini hanya dibiarkan begini saja," katanya.

Cara ke sana:

Bukit Banyon berada kurang lebih 13 Kilometer di sebelah selatan pusat Kota Trenggalek. Untuk menjangkau lokasi ini wisatawan tak perlu repot-repot jalan kaki, karena bisa dijangkau dengan sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Namun harus tetap ekstra hati-hati, karena jalannya terbuat dari cor semen, selain itu terdapat beberapa tanjakan tajam.

"Kalau dari arah Trenggalek kota, bisa ambil jalur ke arah Kecamatan Gandusari-Kampak, sesampai di Pasar Gandusari belok kiri hingga ada kurang lebih 1 Kilometer, kemudian belok ke selatan hingga puncak," kata Marzuki.

Sedangkan untuk pengunjung dari arah Tulungagung, bisa mengambil jalur melalui perempatan Kedunglurah ke arah selatan dan menyusuri jalan kabupaten sepanjang 6 Kilometer hingga Desa Widoro, Kecamatan Gadusari.

"Kemudian belok ke arah selatan dan naik hingga ke puncak Bukit Banyon. Kawasan puncak Banyon gratis untuk dikunjungi, pengunjung juga bisa menginap dengan mendirikan tenda," ujarnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar