Ini Keunggulan Kedelai Lokal Dibanding Impor dari AS

Konsumsi tahu dan tempe yang tinggi, membuat impor kedelai Indonesia sangat tinggi. Dengan kebutuhan kedelai dalam setahun 2,7 juta ton, baru sekitar 800.000 ton yang diproduksi petani lokal, selebihnya dipasok dari impor.

Ketua Umum Gabungan Asosiasi Koperasi Tahu-Tempe Indonesia (Gakoptindo), Aip Syarifuddin, mengungkapkan sebenarnya kedelai lokal memiliki keunggulan dibandingkan kedelai impor. Namun pasokannya yang sedikit dan tak pasti, membuat pengusaha tahu tempe lebih melirik penggunaan kedelai impor.

"Kalau kelebihan kedelai lokal itu non GMO (Genetically Modified Organisms), lebih natural, kalau orang bilang nggak pakai apa-apa. Kalau kedelai Amerika Serikat, Brasil, dan lainnya itu pasti GMO, makanya hasil panennya besarannya standar dan warna kuningnya bagus," terang Aip.

Kendati kedelai impor telah mengalami rekayasa genetika, menurut Aip, sejauh ini kedelai GMO aman dikonsumsi. 

"GMO tidak mengganggu kesehatan, kita sudah impor kedelai sejak tahun 1998, artinya sudah 18 tahun lebih, nggak ada keluhan apa pun orang makan tempe dari kedelai GMO. Di Amerika Serikat nggak ada masalah," jelas Aip. 

Sementara itu, menurut Ketua Koperasi Pengrajin Tahu dan Tempe (Kopti) Jawa Barat, Asep Nurdin, kedelai yang dihasilkan petani lokal sebenarnya lebih berkualitas dalam hal aroma dan kesegarannya. Namun demikian, pengusaha kedelai harus banting tulang mencari kedelai lokal jika ingin memakainya sebagai bahan baku.

"Kalau lokal itu lebih harum, kualitas lebih segar. Karena kalau impor itu kan pasti sudah dipanen 3 bulan lalu. Tapi masalahnya kedelai lokal ini susah sekali carinya," kata Asep.

Di sisi lain, lanjutnya, penanganan pasca panen kedelai lokal juga terbilang buruk, hal inilah yang membuat kedelai lokal kurang diminati ketimbang kedelai impor.

"Sudah jumlahnya sedikit, penanganan pasca panen juga buruk. Tingkat kekeringan kurang standar, belum kering sudah dijual, pemecah kulitnya jelek, makanya banyak kotoran ikut masuk ke karung," tutur Asep. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar