Ketum PB PABBSI Yakin Lifter Elite Tak Tersangkut Doping PON

Ketua Umum PB PABBSI (Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia) Rosan P. Roeslani sangat yakin atlet elite angkat besi tak termasuk ke dalam 12 atlet yang terindikasi doping di PON 2016.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 12 atlet peraih medali PON terindikasi doping setelah melalui uji urin di National Dope Testing Laboratory di New Delhi, India. Atlet dari cabang olahraga binaraga dan angkat besi dinyatakan termasuk di dalamnya.

"Kami belum terima laporannya seperti apa, tapi dipastikan atlet nasional yang ikut Olimpiade (elite) yang turun di PON Jabar kemarin bersih dari doping karena sebelumnya kami ada pengecekan berkala," kata Rosan kepada detikSport, Rabu (30/11/2016).

"Tapi tentunya kami dari PB PABBSI akan mengambil tindakan yang tegas apabila terbukti atlet angkat besi terkena doping," lanjutnya menegaskan.

Sementara itu Alamsyah Wijaya selaku manajer angkat besi menegaskan keyakinan yang sama. Dia menjamin atlet asuhannya tak ada yang tersangkut masalah doping.

"Kita itu sebelum PON ada dua kali melakukan tes doping. Sebelum mulai Olimpiade, saat kami training camp di Cape Town, Afrika Selatan, itu orang International Weightlifting Federation (IWF) dan WADA (Badan Antidoping Dunia) datang untuk melakukan tes doping acak. Atlet kami tes empat orang. Lalu saat Olimpiade juga lifter Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni juga tes doping. Jadi bisa saya pastikan mereka tak akan tersangkut doping di PON kemarin," kata Alamsyah secara terpisah.

Atlet-atlet elite angkat besi, tambahnya, juga sudah teredukasi dengan baik soal zat-zat mana saja yang masuk kategori dilarang untuk dikonsumsi oleh WADA.

"Mereka sudah paham dan sangat jarang mau berganti-ganti suplemen. Selain itu bagi kami PABBSI juga sangat hati-hati sekali sebab peraturan baru dari IWF jika ada atletnya yang tersangkut doping maka federasinya bakal kena sanksi juga. Jadi kami juga tidak ingin ambil risiko-lah," beber Alamsyah. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar