Menyelami Indahnya Kekayaan Bahari Sombori di Sulteng

Disebut sebagai Raja Ampat dari Sulteng, Sombori juga diberkahi dengan kekayaan bahari yang indah. Berbagai terumbu karang dan ikan warna-warni akan sangat memanjakan traveler pecinta snorkeling hingga diving.

Status Sombori sebagai Kawasan Konservasi Perairan memang bukanlah isapan jempol belaka. Sombori juga memiliki beberapa spot untuk snorkeling maupun diving. Dua yang sudah diketahui adalah di Pulau Koko serta Pulau Dua yang memiliki aquarium point. Kegiatan snorkeling pun menjadi salah satu agenda yang tidak terlewatkan.

Pulau Koko sejatinya berbentuk seperti teluk. Sekilas tidak jauh berbeda dengan Phi Phi Island di Thailand yang menjadi setting dari film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Pulau Koko pun punya dua spot snorkeling.

Spot snorkeling pertama berada di salah satu pantai yang sedikit menjorok. Namun perlu diakui, spot snorkeling tersebut sedikit dangkal dan kurang memuaskan. Dianjurkan untuk memilih tempat snorkeling yang sedikit jauh dari bibir pantai.

Anda pun bisa meminta kru kapal untuk menurunkan Anda setibanya di Pulau Koko. Kalau mau sekalian olahraga, Anda juga bisa berenang dahulu dari Pulau Koko menuju spot snorkeling yang berjarak sekitar 300an meter dari bibir pantai.

Memasuki bagian laut yang sedikit berjarak dari Pulau Koko, traveler akan disuguhi keindahan bawah laut Pulau Sombori yang cukup indah. Di kedalaman sekitar 7 meter, tampak berbagai variasi terumbu karang yang disertai dengan ikan warna-warni.

Bagi yang bisa freedive, tentunya bisa menikmati keindahan alam Sombori tanpa perlu melakukan diving. Namun perlu diiingat, belum ada tempat penyewaan alat snorkeling maupun diving di Sombori saat ini. Anda perlu untuk membawa peralataannya sendiri.

Perjalanan menuju Pulau Sombori memang cukup memakan waktu yang tidak sebentar. Namun keindahan bawah airnya bisa memanjakan dahaga traveler yang rindu untuk melihat terumbu karang dan ikan warna-warni. Tertarik untuk mencicipi pesona bahari Sombori?

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar