Siap-siap, Tahun Depan Liburan ke Bengkulu!

Ini adalah alasan kenapa kamu mesti liburan lagi ke Sumatera. Bukan ke Aceh, Toba atau Padang. Sekarang saatnya liburan ke Bengkulu yang ternyata cantik jelita.

Bengkulu adalah provinsi yang relatif kecil dibandingkan tetangganya di Pulau Sumatera. Pamornya juga kalah dibandingkan Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat atau Sumatera Selatan sekalipun.

Padahal, Bengkulu menyimpan banyak pesona wisata yang menarik. Karena tidak terlalu luas, traveler bisa menjelajahi provinsi ini sampai ke pelosoknya. Travel Highlight kali ini, Kamis (15/12/2016) akan mengupas aneka destinasi di Bengkulu.

Ada beberapa pilihan pesawat dari Garuda Indonesia sampai Sriwijaya Air untuk terbang ke Bengkulu. Untuk akomodasi di Kota Bengkulu sudah ada banyak pilihan meskipun brand hotel besar belum banyak yang masuk.

"Pariwisata sebagai unggulan di Bengkulu karena didukung 3 hal, alam yang indah, dukungan sejarah dan beragam budaya," kata Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti kepada detikTravel.

Keliling Bengkulu, jangan heran melihat dekorasi bunga rafflesia di mana-mana. Bunga Rafflesia adalah ikon Bengkulu, jangan lewatkan kesempatan melihatnya. Bengkulu juga punya danau dan air terjun yang menawan.

Provinsi Bengkulu juga berada di tepi Samudera Hindia. Jejeran pantai cantik menghias Bengkulu, dan banyak wisatawan yang belum menyadarinya, dari Pantai Jakat sampai Pantai Linau. Beberapa punya potensi untuk surfing walau belum dimanfaatkan optimal.

Kalau kamu suka fotografi atau rajin main Instagram, Kota Bengkulu juga merupakan tempat yang asyik. Ada banyak bangunan bersejarah keren yang ada di sana. Maklum, Bengkulu punya warisan kolonial yang unik. Ketika Indonesia dijajah Belanda, Bengkulu ini dijajah Inggris.

Benteng Fort Marlborough tentu beda dengan benteng Belanda di tempat lain. Belum lagi rumah gubernurnya. Jangan lewatkan pula wisata sejarah Rumah Pengasingan Soekarno dan Rumah Fatmawati yang menjadi istrinya.

Masih soal Soekarno, dia meninggalkan beberapa warisan rumah dan gedung hasil karyanya sebagai seorang arsitek. Ada Masjid Jami yang bersejarah dan beberapa tempat lain.

Mau kuliner juga bisa. Coba ikutan warga Bengkulu yang sarapan lontong tunjang dan ayo berburu aneka seafood dan ikan bakar di tepi pantai. Untuk yang hobi belanja, Bengkulu juga sudah siap dengan pusat belanja oleh oleh di Anggut Atas, di pusat kota.

Bengkulu juga kaya budaya, jangan lupa membeli batik Kain Basurek yang bermotif bunga Rafflesia. Sementara untuk festival budaya ada Tabot setiap tanggal 1 Muharram yang seru sekali untuk ditonton.

Sepertinya tahun 2017 saatnya kita siap-siap liburan ke Sumatera lagi. Kali ini tujuannya sudah pasti: Bengkulu!

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar