Beberapa Tim IBL Diminta Pilih Kembali Pemain Asingnya

Ada beberapa tim IBL 2017 yang diminta memilih kembali nama-nama pemain asing setelah pemain-pemain pilihannya pada draft day lalu mengalami sejumlah masalah.

"Memang setelah draft day terjadi dan nama terpilih, kami sudah mulai dengan pengajuan visanya," kata Direktur Liga Utama IBL Hasan Gozali di Hotel Santika, Slipi, Selasa (10/1/2017). 

"Namun setelah berjalan ada beberapa pemain yang mengundurkan diri. Alasannya beragam ada yang karena alasan keluarga, ada juga karena personal issue. Maka itu, kami minta tim untuk memilih kembali," imbuhnya.

Di antara 11 tim IBL, ada lima tim yang mengalami persoalan pada pemain asingnya. Mereka adalah klub-klub dari W88. News Aspac, Pelita Jaya Energi Mega Persada, Hangtuah Sumsel, Bank BJB Garuda Bandung, dan Satya Wacana Salatiga.

Aspac yang sebelumnya mengambil Jarred Shaw pun berganti menjadi Piere Handerson. Salah satu pemain asing Pelita Jaya diganti dengan Keith Dewitt dari sebelumnya Kore Ricardo White. Satu lainnya, Winston Grays, berstatus tetap. 

Untuk Hangtuah, pemain asingnya digantikan Andre Smith dan Jajuan Smith, dari sebelumnya Anthony Jones dan Akeem Richmond. Sedangkan dari Satya Wacana, Justin Coleman digantikan Jarron Crump sementara Nate Maxey berstatus tetap.

Untuk Garuda Bandung, satu di antara dua pemain asing yang mereka pilih bermasalah, yakni Justin Reynolds yang mengundurkan diri karena gaji yang tidak sesuai dengan harapan. 

"Sudah ada lima pemain asing yang sudah di pick-up untuk menggantikan Reynolds tetapi semua gagal. Pemain asing yang baru lagi adalah Teeng Akol. Tapi kami juga masih menunggu karena Teeng Akol masih terkendala dengan kewarganegaraanya. Status dia di Amerika sebagai African refugee (pengungsi). Jadi perlu visa sebelum keluar dari Amerika," kata Hasan.

Dikonfirmasi secara terpisah, Manajer Garuda Bandung Haris Sogirin mengatakan jika pihaknya telah berusaha mendatangkan pemain asing tersebut. Namun sudah dua kali dibatalkan karena terkendala di imigrasi. 

"Jadi visanya ditolak. Kalau malam ini bisa mungkin datang Kamis atau Jumat. Saat ini dia menginap di hotel di bandara Amerika. Dia tidak berpaspor Amerika sehingga harus mengurus visa. Kebetulan di sana juga tengah badai jadi baru bisa deal mungkin tengah malam. Tetapi kalau tidak bisa kami akan terpaksa ambil kembali," ucap Haris.

Sebagai gambaran, pemain asing yang datang nantinya akan dikontrak dan dipenuhi kewajibannya oleh liga dan klub. Untuk salary akan ambil alih oleh liga dengan batas belanja 3.000 dolar AS. Sedangkan biaya lainnya seperti akomodasi dan transportasi menjadi tanggungan tim. Para pemain asing ini pun nantinya akan diberikan pengarahan oleh liga guna menyesuaikan dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar