Proliga 2017 Terapkan Aturan Baru

Kompetisi bola voli Proliga 2017 akan segera bergulir. Di musim baru ini, Proliga akan menerapkan aturan baru terkait penghitungan poin.

Kompetisi Proliga musim ini akan bergulir pada 27 Januari sampai 23 April. Delapan kota akan jadi penyelenggara dan akan dimulai di Malang.

Di musim baru ini, Proliga akan memberlakukan peraturan baru terkait poin. Peraturan baru ini nantinya akan berhubungan dengan cara menentukan empat tim terbaik yang akan lolos ke final four.

Sebelumnya, empat tim terbaik ditentukan oleh jumlah poin. Dengan peraturan baru, mereka yang lolos ke final four akan ditentukan oleh jumlah kemenangan yang dikumpulkan selama dua seri.

"Jadi kalau misalnya ada dua tim, satu tim menang dalam tiga pertandingan 3-2, 3-2, 3-2, nilai menangnya kan dua setiap menang. Hasil poinnya enam kan. Lalu tim lainnya, dia menang pertandingan pertama dan kedua 3-0 dan 3-1, nilai pertandingannya 6 poin, karena 3-0 dan 3-1 itu dihitung tiga. Tetapi di pertandingan ketiga dia kalah 2-3, poinnya cuma dapat satu. Tapi kalau ditotal poin dia jadinya 7," ujar Direktur Proliga Hanny Surkatty.

"Kalau aturan tahun lalu nilai 7 dan 6, yang menang adalah angka 7. Nah, tahun ini tidak seperti itu. Yang rangking pertama adalah tim yang tiga kali menang. Jadi jumlah kemenangan itu menentukan pemenangnya. Jika, misalnya ada yang sama baru dihitung poin," Hanny menjelaskan. 

Jumlah kemenangan dari dua seri nantinya akan diakumulasikan. Total kemenangan dari dua seri tersebut akan digabung untuk menentukan peringkat.

"Nah, rangking 1-4 yang akan masuk final four. Jadi gabungan seri I dan seri II," katanya.

Perubahan aturan poin ini disebut Hanny sudah diperkenalkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) pada Mei 2016 dan sudah diterapkan pada kompetisi Livoli Divisi Utama 2016.

"Kami sudah sosialisasikan ini ke masing-masing tim peserta. Karena itu, saya pikir di Proliga nanti setiap tim telah menyiapkan strategi untuk mengumpulkan kemenangan sebanyak mungkin," katanya. 

Sementara itu, manajer tim Samator Hadi Sampurno mengatakan aturan baru ini tidak menjadi masalah untuk timnya. Sebaliknya, timnya jadi termotivasi untuk bermain lebih baik lagi. 

"Aturan baru ini tidak menjadi masalah buat kami. Justru semakin membuat kami semakin bersemangat untuk menang. Menangnya pun bukan asal menang, tetapi harus benar-benar menang terus di setap pertandingan," kata Hadi. 

Senada, pelatih Bank Sumselbabel Syamsul Jais mengatakan tidak masalah karena timnya sudah pernah menerapkannya di Livoli. "Beberapa tim yang di Proliga ini kan juga pemainnya di Livoli juga," kata Syamsul. 

Sistem poin peraturan baru Proliga 2017:

Menang 3-0 = 3 Poin 
3-1 = 3 Poin
3-2 = 2 Poin

Kalah 0-3 = Tidak dapat poin
1-3 = Tidak dapat poin
2-3 = 1 poin

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar