Triathlon Nusa Laut Adventure : Berlomba Sekaligus Promosi Wisata

Hangat terik matahari pagi ini menyambut Pulau Nusa Laut, Maluku Tengah. Sekitar 400 an peserta ikut serta dalam lomba Triathlon Nusa Laut Adventure 2016.

Lomba dimulai pukul 07.30 WIT atau 05.30 WIB, Sabtu (15/10/2016). Mereka memperebutkan Piala Panglima TNI dengan hadiah total Rp 269 juta.

Triathlon ini memang tidak dirancang sesuai standar internasional karena tujuannya mempromosikan pariwisata Pulau Nusa Laut dan rangkaian HUT TNI ke-71. 

Para peserta akan berenang sejauh 300 meter, bersepeda 22,7 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer. Dari 400 peserta, 85 persen anggota TNI/Polri dan 60 relay.

Panglima TNI Jenderal, Gatot Nurmantyo, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen, Doni Monardo, mengimbau agar peserta bersaing secara sportif.

"Laksanakan lomba dengan sportif, jujur dan penuh semangat kompetitif, guna mencapai tujuan penyelanggaraan lomba ini. Raihlah prestasi terbaik secara terhormat," imbaunya.

Usai menyampaikan amanat Panglima TNI, Mayjen Doni ikut serta dalam lomba tersebut. Eks Danjen Kopassus ini masuk kategori usia di atas 50 tahun.

Mengenakan baju renang hitam, Mayjen Doni berbaur dengan peserta lain. Eks Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menaklukkan satu persatu tantangan berenang, bersepeda, dan berlari. 

Sementara itu salah satu peserta wanita, Inge Prasetyo, mengaku tertantang mengikuti event ini. Wanita yang sering mengikuti event internasional ini mengaku Nusa Laut memiliki potensi pariwisata yang tinggi.

"Event ini menarik, lautnya keren, dan kita melintasi desa-desa, ini petualangan yang sebenarnya,"ungkapnya.

Sementara itu, Haidir Akbar, Ketua Komunitas Triathtlon Buddies menjadikan ajang ini sebagai sarana menambah pengalaman rute triathlon. Sebagai komunitas Triathlon terbesar di Indonesia, pihaknya mendukung event Triathlon yang digelar oleh Kodam XVI Pattimura tersebut.

"Kami mendukung setiap kegiatan Triathtlon yang diadakan TNI, sipil dan siapapun itu. Walaupun jauh, kami akan datang mencoba experince dari berbagai rute yang berbeda. Di event ini anggota kita 10 orang yang ikut," jelasnya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar