Ma Jin Bakal Aktif di Pengembangan Olahraga Anak-Anak

Ma Jin sudah pensiun dari tim nasional bulutangkis China. Ke depannya, dia bakal aktif mengembangkan bibit-bibit olahraga.

Ma Jin mengundurkan diri dari tim nasional China pada November tahun lalu. Meski sudah mundur dari ajang-ajang internasional, namun pemain 28 tahun itu masih mau direkrut Djarum Kudus untuk tampil di Djarum Superliga Badminton 2017.

Di laga pertama, Ma Jin yang berpasangan dengan Gloria Emmanuella Widjaja menelan kekalahan. Mereka takluk 21-19, 8-21, dan 19-21 dari Riko Imai/Nao Ono, yang sekaligus memastikan kekalahan Djarum dari Kumamoto Saisunkan di pertemuan ini.

Dalam jumpa pers usai laga, Ma Jin mengakui kans dirinya untuk tampil di turnamen-turnamen internasional lagi tipis. Dia bakal punya kesibukan baru.

"Untuk ke depannya, kemungkinan main lagi di turnamen internasional kecil. Kemarin sudah membuat sebuah perusahaan di bidang olahraga juga, untuk pelatihan anak-anak kecil," ujar Ma Jin diterjemahkan oleh manajer Djarum Kudus, Fung Permadi.

"Nantinya membuat semacam aktivitas keliling sekolah untuk memajukan olahraga. Tidak hanya bulutangkis, mungkin juga salah satunya tenis meja, dia bergabung dengan teman-teman dari olahraga lain," imbuhnya.

Fung menyebut Ma Jin sekarang ini ingin lebih menikmati hidup, setelah sepanjang kariernya sebagai pemain berkutat dengan tuntutan besar.

"Sebab selama ini dari kecil sudah selalu dituntut soal kalah-menang, mainnya bagus atau tidak, dan itu sebuah tekanan. Sekarang dia ingin menikmati hidup," katanya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar