Mendaki Bukit Merese yang Populer di Lombok

Bukit Merese di Mandalika, Lombok, NTB menjadi spot favorit buat menikmati keindahan alam. Agar wisata ke sana lebih maksimal, simak dulu tips berikut ini.

Menyaksikan keindahan garis pantai di Lombok dari ketinggian, bisa dilakukan dari Bukit Merese. Bukit ini berdiri di pesisir pantai kawasan Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Dari atas, terlihat pemandangan Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung yang unik.

Buat traveler yang mau naik ke puncak Bukit Merese, sebaiknya simak dulu tips-tipsnya. Disusun detikTravel, Rabu (1/2/2017), berikut 6 tips mendaki Bukit Merese:

1. Waktu berkunjung

Bukit Merese sebenarnya bisa dikunjungi sepanjang tahun. Traveler tinggal memilih saja ingin datang ke sana kapan, sesuai ketersediaan waktu liburan.

Namun kalau berkunjung di musim kemarau sekitar pertengahan tahun, traveler mungkin bisa mendaki dengan lebih leluasa karena jarang hujan. Pemandangan di bukit juga eksotis dengan rerumputan yang menguning.

Jika datang ke sana di awal tahun saat musim hujan, pemandangan juga tak kalah indah dengan rerumputan yang menghijau dengan cantiknya, dan pengunjung bisa jadi tak seramai saat musim liburan pertengahan tahun. Namun memang terkadang pendakian jadi lebih sulit, seperti jalanan yang licin karena sering diguyur hujan.

Nah, kabarnya di atas bukit ini wisatawan bisa menikmati sunrise serta sunset. Jadi memang Bukit Merese tetap asyik dikunjungi baik pagi maupun sore. Tergantung keinginan saja ingin menyaksikan pesona sunrise atau sunset yang cantik.

2. Alas kaki yang tidak licin

Trek pendakian Bukit Merese cukup bersahabat. Mendaki sampai puncaknya pun menghabiskan waktu sekitar 15 menit, tak sampai 1 jam. Namun alas kaki juga harus diperhatikan.

Sebaiknya kenakan sepatu yang tidak licin atau anti slip untuk mengurangi resiko terpeleset saat menanjak atau pun turun bukit. Selain sepatu, sandal gunung juga menjadi pilihan tepat agar mendaki lebih nyaman.

3. Jelajah berbagai sisi bukit

Bukit Merese ini cukup luas. Setibanya di atas jangan hanya berdiam di satu sisi saja. Datangi saja berbagai sisi bukit karena memang semuanya menyajikan pemandangan indah yang sayang dilewatkan.

Ada salah satu sisi yang menawarkan panorama bukit dengan lekukan-lekukan pantai yang cantik. Di bagian lain, ada sisi bukit yang mendatar dan di ujungnya ada sebuah pohon yang sering disebut sebagai Pohon Galau.

Kabarnya pohon yang berdiri sendirian di tepi puncak bukit itu memang sengaja ditaruh sebagai properti dari sebuah film. Namun sampai sekarang dibiarkan tumbuh. Tak ayal, pohon itu sering dijadikan spot foto favorit traveler.

4. Sedia air minum

Pendakian memang tidak terlalu sulit, tapi juga lumayan menghabiskan tenaga. Air minum yang cukup perlu dibawa saat berkunjung kemari agar tidak dehidrasi. Terutama jika kamu mendaki saat mentai sedang terik-teriknya.

Tentunya sampah botol minum sebaiknya dibawa turun kembali sampai menemukan tempat sampah. Jangan buang sampah sembarangan agar Bukit Merese tetap lestari. Selain itu, yang tak kalah penting juga, jangan lupa bawa topi serta sunblock saat mendaki.

5. Persiapkan kamera

Setelah mendaki tentu sayang sekali jika tidak mengabadikan pemandangan indah di atas bukit ke dalam kamera. Jangan lupa bawalah ponsel serta kamera kamu, yang sudah di-charge penuh agar foto-foto atau nge-vlog bisa lebih puas. Kalau perlu bawalah baterai cadangan untuk kamera.

6. Jangan buang sampah sembarangan

Di puncak Bukit Merese, tidak ada tempat sampah. Jadi kalau kalian membawa botol minum, jangan dibuang sembarangan ya. Bawa kembali turun botol minum atau kemasan makanan lainnya.

Kalau semua turis membuang sampah sembarangan, lambat laun Bukit Merese akan penuh sampah. Sayang dong, bukit seindah itu sampai kotor. Ayo liburan ke Bukit Merese, tapi jaga kebersihan ya!

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar