Keunggulan dan Kelemahan Mobil Hemat Energi Buatan Mahasiswa

Puluhan tim mahasiswa Indonesia siap mengikuti ajang Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2017 yaitu kompetisi mendesain, membangun dan mengendarai kendaraan paling hemat energi bagi mahasiswa. Mahasiswa dari Indonesia pun memiliki keunggulan dan kelemahan dibanding lawannya dari luar negeri.

Ramdhani, Manager Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengatakan, kelemahan peserta di Indonesia ada pada teknologinya. Menurutnya, peserta sulit mendapatkan teknologi untuk menyamakan dengan rivalnya, seperti dari Eropa.

"Contoh supercapacitor sulit dicari di Indonesia. Dan juga teknologi komposit, yang produksi di Indonesia masih sedikit," kata Ramdhani di Jakarta, akhir pekan lalu.

Kalau kelebihannya, kata Ramdhani, mahasiswa Indonesia bisa mengolaborasikan teknologi dari berbagai macam hal. "Misalnya di braking kita ambil dari mana, steering dari mana, kita gabungkan itu, jadi pengetahuan kita lebih luas," katanya.

Ditambahkan Raden Engineu Dwi Utomo Adi dari Universitas Negeri Jakarta, kelemahan mahasiswa Indonesia untuk membuat karya kendaraan hemat energi adalah untuk mendapatkan material. Tak jarang mereka harus mengimpor material dari luar negeri.

"Dari material, mau enggak mau kita harus impor dan impor makan waktu lama dan kena pajak juga. Dan pasti semua tim ini enggak jauh-jauh dari kendala di sponsorship. Jujur, bikin mobil ini makan dana yang luar biasa. Banyak dana yang diperlukan, biaya buat mobil, biaya buat shipping, biaya buat akomodasi," ujarnya.

Sementara kelebihannya, mahasiswa Indonesia memiliki semangat yang tinggi. Mereka juga memiliki kreativitas.

"Justru anak-anak dari Indonesia dengan keterbatasan semangatnya malah makin terpacu, malah makin semangat lagi," katanya. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar