Libur Akhir Pekan di Yogyakarta, ke Kalibiru Saja!

Kalibiru di Yogyakarta memang indah. Dengan hutan dan Waduk Sermo sebagai latar panoramanya, bikin wisatawan jatuh hati. Cocok buat akhir pekan ini!

Obyek wisata Kalibiru menjadi salah satu tempat favorit liburan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, berlokasi di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke tempat ini memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam dari kota Yogyakarta.

Lokasinya berada di kawasan Bukit Menoreh dengan ketinggian kurang lebih 450 Mdpl. Jalan menuju lokasi tidak terlalu sulit karena sudah banyak petunjuk arah yang terpasang di sepanjang jalan. Yang perlu di persiapkan adalah kondisi kendaraan yang prima, isi bahan bakar saat masih berada di kota.

Jika Anda hobi berpetualang dengan membawa kendaran sendiri baik menggunakan motor ataupun mobil akan ada kepuasan dan sensasi tersendiri saat bisa menaklukkan medan sampai di puncak tempat parkir kawasan Kalibiru. Tapi untuk Anda yang kurang yakin, bisa memarkir motor atau mobil diarea kantong parkir yang tersedia, kemudian bisa menyewa jeep yang siap mengantar Anda dengan nyaman naik sampai ke atas di area parkir Wisata Kalibiru.

Dari tempat parkir Anda tinggal jalan naik kurang lebih 100 meter akan sampai di loket penjualan tiket masuk, harga tiket lumayan terjangkau untuk weekdays Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk weekend. Saat memasuki area wisata, suasana sejuk dengan pepohonan di kanan dan kiri terlihat asri. Warung makanan dan minuman juga sudah banyak tersedia di sini.

Memasuki kawasan wisata Kalibiru yang pertama ditawarkan adalah high rope, permainan yang menguji keberanian untuk berjalan diatas tali dan papan yang diakhiri dengan flying fox, cukup merogoh kocek Rp 35.000 untuk bisa menikmati permainan ini.Selain high rope ada 5 spot foto panggung yang berbeda dengan latar belakang waduk Sermo yang indah.

Untuk bisa berfoto di panggung yang tersedia setiap panggungnya dikenakan biaya Rp 15.000 dan jika memerlukan jasa foto profesional, disini juga ada. Kurang lengkap rasanya saat mengunjungi Kalibiru tanpa berfoto di panggung yang merupakan ikon wisata Kalibiru. 

Pesona latar belakang Waduk Sermo inilah yang menjadikan Kalibiru saat ini mendunia, beberapa wisatawan asing terlihat lalu-lalang di sini, dan saat saya hendak pulang juga berpapasan dengan rombongan wisatawan dari Malaysia. Untuk Wisatawan lokal selain dari Yogyakarta dan sekitarnya ada juga beberapa rombongan yang berasal dari luar DIY seperti Jawa Tengah, Sumatra, Lombok Kalimantan dan Sulawesi.

Kalibiru juga tempat yang asyik buat menikmati matahari terbit dan tenggelam. Di sini juga tersedia home stay yang bisa disewa, alangkah baiknya memesan jauh jauh hari karena tempat ini sangat ramai pengunjung apalagi waktu long weekend.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar