Pangkalpinang Menyambut Crosser-Crosser Dunia

Selamat Datang di MXGP Indonesia. Anda akan disapa demikian jika Anda akan mendarat di bandar udara Depati Amir, Pangkalpinang, akhir pekan ini.

Ya, itu karena Sabtu-Minggu ini akan terhelat untuk pertama kalinya seri kejuaraan motocross dunia bertajuk MXGP di ibukota provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut – bahkan yang pertama di Indonesia sejak persis 20 tahun silam.

Untuk kota berpenduduk sekitar 300 ribu jiwa, event ini bermakna sangat penting. Paling tidak, dengan perkiraan penonton 20 ribu, termasuk estimasi 5 turis dalam dan luar negeri, MXGP 2017 disebut-sebut akan menjadi perhelatan terbesar dalam sejarah Pangkalpinang.

"Makanya, kami bekerja siang-malam untuk memastikan event ini terselenggara dengan baik. Sebab, tak cuma untuk Pangkalpinang, MXGP ini juga akan mengangkat nama Indonesia di mata internasional," ucap Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah.

"Pada akhirnya ini bukan gawean EO atau pemerintah kota saja, tapi juga semua pihak mulai termasuk provinsi sampai pemerintah pusat. Saya katakan, ini adalah kerja gotong royong," ucap walikota berusia 33 tahun, yang akrab disapa Wawan ini.

Antusiasme warga Pangkalpinang terhadap MXGP ini pun terbilang tinggi, khususnya kaum laki-laki. Mereka memang tidak asing dengan kejuaraan motocross, karena cukup sering digelar di kawasan Pantai Pasir Padi. Namun, MXGP tak boleh dilewatkan karena merupakan kompetisi tertinggi di dunia – dan event tersebut ada di rumah mereka sendiri.

"Saya dan kawan-kawan pasti nonton. Waktu tahun lalu Pak Wali mengumumkan kita akan menjadi tuan rumah GP, kami sudah menunggu-nunggu," tutur Mardi.

Kesibukan kota berslogan 'Pangkal Kemenangan' ini juga terlihat dari banyaknya papan-papan informasi terkait MXGP. Sebuah rumah makan di dekat bandara juga sampai membuat spanduk khusus menyambut tetamu MXGP.

Pun demikian dengan penginapan. Jika Anda baru akan memesan hotel untuk weekend besok, niscaya akan sangat sulit karena nyaris semua sudah full booked – kecuali mau mengambil tempat yang cukup jauh dari pusat kota. 

Meski demikian, jika Anda yang berasal dari luar kota hanya ingin menyaksikan atraksi utama di hari Minggu, opsi ini pun terbilang mudah. Sebab, jarak sirkuit dari bandara hanya sekitar 2 kilometer, dan lebih enak ditempuh dengan berjalan kaki – hitung-hitung sambil berolahraga.

Ada 18 penerbangan setiap harinya untuk rute Jakarta-Pangkalpinang, dari lima maskapai, termasuk Sriwijaya Air yang menjadi salah satu penyokong utama MXGP 2017.

MXGP Indonesia di Pangkalpinang adalah seri kedua musim 2017 setelah Qatar dua pekan lalu. Setelah dua seri di Asia ini, selanjutkan atraksi crosser-crosser dunia itu berlanjut dua kali di tana Amerika (Argentina dan Meksiko), sebelum menghabiskan 16 seri berikutnya di Eropa.

Di Pangkalpinang ini juga akan mulai dimainkan kelas wanita (Women's Motocross World Championship) untuk musim ini, yang diikuti 22 rider. Juara di musim lalu adalah Livia Lancelot dari Prancis.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar