12 Cara Ampuh untuk Membuat Baterai Smartphone Awet


Smartphone sekarang rata-rata dibekali dengan layar luas, prosesor cepat dan dukungan RAM besar untuk kemampuan multitasking yang tinggi. Akibatnya, kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan ini bisa membuat kecanduan smartphone, serta umur baterai menjadi pendek. Kali ini Jaka berikan kamu 10 cara untuk memperpanjang umur baterai kamu.


Cara Menghemat dan Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Kesel kan baru juga pakai 3 bulan, baterai smartphone kamu udah harus ganti? Guna memperpanjang umur penggunaan baterai smartphone, kamu bisa melakukan cara-cara berikut.


1. Hindari Mode Getar

Mode getar memudahkan kamu untuk tetap mendapatkan notifikasi tanpa berisik. Tapi hal ini justru membutuhkan daya besar untuk menggetarkan Mode Vibrator yang ada sehingga baterai harus bekerja lebih.

Untuk menghemat baterai smartphone dan menjaga agar baterai tidak cepat rusak, sebaiknya gunakan Mode Silent saat meeting.


2. Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Smartphone akan overheat jika digunakan terus menerus. Agar tidak overheat, coba gunakan smartphone dengan bijak, seperti menggunakan kamera hanya saat perlu, dan mematikan aplikasi dari background.


3. Hindari Permukaan Panas

Selain membuat kecerahan layar berkurang, panas sinar matahari langsung akan membuat permukaan smartphone jadi overheat. Panas dari luar yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan berisiko membuat baterai smartphone jadi cepat kembung dan mudah drain.


4. Jangan Charge Baterai Semalaman

Meski banyak smartphone sudah dibekali fitur auto cut-off saat baterai telah penuh, tapi sangat tidak disarankan untuk mengisi ulang baterai smartphone semalaman. Hal ini akan memicu overheat pada permukaan smartphone, dan membuat baterai smartphone kamu cepat rusak.

Agar umur baterai smartphone kamu lebih panjang, sebaiknya lakukan isi ulang baterai smartphone saat baterainya tinggal 30% dan cabut saat terisi sekitar 80%. Ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai smartphone kamu.


5. Aktifkan Battery Saver

Sejak Android Lollipop 5.0, smartphone Android sudah dibekali fitur Battery Saver. Dengan mengaktifkan fitur ini, saat baterai smartphone kamu dalam keadaan low-batt, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU-nya.

Jika smartphone kamu tetap dalam keadaan full performance saat smartphone kamu low-batt, hal itu akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone kamu sendiri.


6. Jauhi Aplikasi yang Banyak Iklan

Selain membuat baterai boros, dalam jangka panjang, aplikasi yang banyak mengandung iklan ini akan memperpendek umur baterai smartphone dan membuat performa smartphone kamu menurun.


7. Bijak Menggunakan Lokasi

Fitur lokasi di smartphone yang aktif terus-menerus berpotensi memperceat baterai habis, sehingga kamu jadi sering mengisi ulang. Dampaknya, jangan heran jika dalam waktu pemakaian sebulan, baterai akan cepat sekali drain.

Untuk menghemat baterai dan memperpanjang umurnya, selalu matikan fitur lokasi saat kamu sedang tidak menggunakannya. Misalnya, aktifkan saat check-in di Path atau Facebook, lalu matikan setelahnya.


8. Atur Layar Smartphone

Dengan mengatur tingkat kecerahan layar ke yang paling rendah, smartphone kamu jadi lebih hemat baterai. Agar semakin hemat baterai, jangan lupa untuk mengatur Time Sleep-nya juga ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama, misal 1 menit.


9. Update Aplikasi Hanya via WiFi

Saat terhubung dengan WiFi, smartphone kamu akan terkunci pada jaringan itu saja, sehingga penggunaan CPU dan baterai jadi lebih hemat. Untuk itu, saat update aplikasi dan update OS, sebaiknya kamu lakukan hanya saat terhubung dengan WiFi.

Selain bisa membantu menghemat baterai smartphone, cara ini juga efektif untuk membantu kamu menghemat kuota.


10. Gunakan Airplane Mode

Jarak smartphone ke BTS operator yang kamu gunakan juga mempengaruhi umur baterai. Untuk itu, saat berada di daerah yang tidak terpapar oleh jaringan mobile dari operator yang kamu gunakan, sebaiknya atur smartphone kamu ke Airplane Mode. Tujuannya agar daya baterai kamu tidak terbuang sia-sia.


11. Matikan Notifikasi

Sesekali, coba matikan notifikasi yang masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang kamu anggap tidak penting. Ini efektif untuk menghilangkan kecanduan smartphone dan menghemat baterai.

Untuk mencobanya, kamu bisa masuk ke menu Setting lalu pilih Apps, kemudian pilih aplikasi ataupun game yang tidak ingin kamu tampilkan notifikasinya. Pada bagian Show Notification, hilangkan centangnya.


12. Gunakan Wallpaper Statis

Penggunaan live wallpaper di Android memang membuat smartphone jadi keren, tapi juga membuat baterai smartphone cepat habis. Sebaiknya gunakan wallpaper statis saja. Akan lebih baik jika menggunakan wallpaperwarna hitam.


Setelah membaca 12 cara untuk memperpanjang umur baterai kamu ini, adakah yang pernah kamu lakukan sebelumnya? Jika iya, coba lakukan semuanya, lalu share pengalaman kamu setelah melakukannya. Jaka sih benar-benar merasakan manfaatnya. Baterai smartphone Jaka jadi tetap awet dan tidak pernah mengalami masalah. Selamat mencoba!



[jalantikus.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar