15 Tips Android yang WAJIB Diketahui oleh Seluruh Pengguna Android

Bukan tanpa alasan jika Android semakin banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. Selain karena memang menghadirkan pilihan harga yang lebih murah, alasan orang memilih Android ketimbang iPhone juga karena Android lebih mudah untuk dikustomisasi.

Tapi, banyak pengguna Android yang tidak tahu cara menggunakan smartphone Android dengan baik, sehingga hasilnya kurang berasa. Makanya, yuk simak kumpulan tips Android terbaik ini!


Cara untuk Jadi Jago Android


Tidak harus nge-root Android atau berganti-ganti Custom ROM, untuk jadi jago Android kamu bisa mencoba kumpulan tips Android keren berikut.


1. Ambil Screenshot Tanpa Menekan Tombol


Mengambil screenshot di Android bisa dilakukan dengan tombol kombinasi. Tapi jika menginstal aplikasi Screenshot Crop & Share, kamu bisa mengambil screenshot di Android tanpa menekan tombol apa pun. Bahkan dengan aplikasi ini kamu bisa mengambil screenshot sebagian saja.


2. Menyembunyikan File dan Aplikasi Tanpa Aplikasi Lain


Nggak perlu install aplikasi lain kalo kamu mau menyembunyikan file foto, video atau aplikasi. Di Android Lollipop, kamu tinggal buat Guest Mode atau mode lainnya. Jadi, semua file dan aplikasi kamu pasti aman deh.


3. Jadi Developer


Meski kamu hanya seorang konsumer, Google menyediakan akses jika kamu ingin bertindak sebagai developer. Caranya mudah, yakni dengan masuk ke Developer Option pada Android kamu. Banyak yang bisa kamu lakukan jika masuk Developer Option.


4. Mempercepat Android yang Nge-lag


Nggak perlu akses root untuk mempercepat smartphone Android yang lag. Dengan masuk ke Developer Options dan mengubah semua angka Animation Scale-nya, kamu bisa mempercepat Android milikmu yang lemot. Untuk mengaktifkannya kamu bisa ke Settings > Developer Options > lalu cari semua bagian dengan opsi Animation Scale.


5. Andalkan Google


Salah satu keistimewaan Android adalah semua sistemnya didukung oleh Google. Wajar saja karena Android memang dikembangkan oleh Google.

Maka dari itu, selagi kamu menggunakan smartphone Android, ada baiknya kamu gunakan semua layanan dan aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Google sudah pasti akan membuat semua aplikasinya terintegrasi dengan sempurna pada semua perangkat Android. Gunakan Gmail untuk aplikasi berkirim email, YouTube untuk streaming, Photos untuk aplikasi galeri, Play Music untuk memutar musik, Google Keep untuk membuat catatan, dan lain sebagainya.


6. Pahami Apa yang Kamu Bagikan


Semua aplikasi di Android membutuhkan akses ke sistem agar aplikasinya mampu berjalan dengan baik. Ada yang membutuhkan akses ke contact, kamera, lokasi, SMS, dan lain sebagainya.

Selalu baca akses apa saja yang dibutuhkan oleh aplikasi saat kamu menginstalnya. Karena jika tidak berhati-hati, bisa jadi ada aplikasi yang bertugas untuk mencuri data pribadi kamu.


7. Tentukan Aplikasi Default


Dengan banyaknya aplikasi yang kamu install dari Google Play Store, pasti ada banyak aplikasi yang memiliki fungsi sama antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Untuk itu, coba tentukan aplikasi default yang menurut kamu sangat nyaman untuk melakukan tugas tertentu.

Misalnya saja menjadikan UC Browser sebagai browser default ketimbang Chrome, atau WPS Office sebagai PDF reader ketimbang aplikasi PDF lainnya. Hal ini akan membantu kamu menghemat waktu saat membuka atau menjalankan fungsi khusus.


8. Sayangi Baterai Kamu


Sebagai langkah awal menyayangi baterai Android, kamu bisa mengaktifkan fitur battery saver. Fitur ini memungkinkan untuk menghemat baterai Android kamu saat baterai hampir habis, atau tinggal berapa persen. Atur saja pada sisa baterai berapa persen fitur ini akan otomatis aktif.


9. Pantau Penggunaan Data Kamu


Nggak usah takut kuota jebol, pantau pemakaian kuota Internet Android kamu lewat menu Settings > Data Usage. Lalu lihat pemakaian data kamu di jaringan mobile dan di jaringan WiFi.


10. Disable Aplikasi yang Jarang Kamu Gunakan


Semua smartphone Android, kecuali Nexus dan Android One, pasti hadir dengan bloatware atau aplikasi bawaan. Agar tidak membebani sistem, kamu bisa disable aplikasi tersebut dengan cara masuk ke Settings > Apps, lalu cari aplikasi yang ingin kamu disable.


11. Akses Cepat ke Setting


Android dibekali dengan panel khusus untuk menampilkan notifikasi. Pada panel notifikasi tersebut kamu bisa menemukan akses cepat ke berbagai menu yang ada di Android kamu. Tapi bukan hanya akses cepat ke pengaturan khusus, kamu juga bisa masuk ke menu Setting lewat panel notifikasi ini.


12. Biasakan Multitasking


Jika kamu sedang menggunakan satu aplikasi dan ingin berpindah ke aplikasi lain yang kamu gunakan sebelumnya, coba gunakan tombol Recent Apps. Hal ini akan mempercepat waktu daripada kamu harus keluar dulu lalu mencari aplikasi baru tersebut.

Oh iya, beberapa smartphone Android ada yang dibekali dengan fitur Multi Windows, seperti jajaran produk Samsung Galaxy. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain agar kamu bisa nonton video sambil tetap menjalankan aplikasi lain, seperti chatting atau browsing.


13. Customize, Customize dan Customize!


Agar tampilan Android kamu tidak membosankan, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi launcher terbaik yang ada di Google Play Store. Dengan menggunakan launcher, tampilan homescreen Android kamu bisa diubah sesuai selera dengan mudah. Bahkan beberapa launcher menyediakan fitur baru yang tidak secara default dibawa Android kamu, seperti Hola Launcher yang bisa menyembunyikan aplikasi dan boost.


Jika Android kamu sudah di-root, kamu bisa menggunakan Custom ROM untuk memodifikasi tampilan Android kamu.


14. Akses Cepat ke Kamera


Google secara default menyediakan akses cepat ke kamera dari tampilan lock screen. Jadi kamu bisa dengan cepat membuka kamera menggunakan akses cepat ini. Hal ini tentu akan lebih hemat waktu daripada harus mencari aplikasi kamera dari sekian banyak aplikasi yang kamu install.


15. Gunakan Google Search


Pernahkah kamu menggunakan fungsi Google Search yang disediakan Google? Dengan menggunakan widgetGoogle Search yang disediakan pada Android, maka kamu bisa mencari berbagai hal yang ada di Android kamu dengan mudah. Mulai dari aplikasi, kontak, hingga browsing.

Nah, itu tadi 15 tips Android terbaik agar kamu semakin jago menggunakan Android. Nggak perlu nge-root Android kan supaya kamu jadi semakin expert?


Sumber: hastagcampus.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar