Dishub Sulsel Siapkan 124 Pos Selama Arus Mudik dan Balik


Mengantisipasi arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 2017. Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan menyediakan 84 pos pengamanan, 37  pos pelayanan, dan 3 pos terpadu. Dengan total 124 pos yang ditempatkan di 24 titik kabupaten dan kota di Sulsel, termasuk pelabuhan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Sulsel, Ilyas usai melakukan cek kondisi angkutan mudik yang digelar Dinas perhubungan (Dishub) Provinsi Sulsel bekerjasama dengan Dirlantas Polda Sulsel di terminal Daya, Kamis (15/6/2017).

"Persiapan antisipasi jalur mudik sudah dilakukan jauh sebelumnya. Sekitar satu bulan lalu kita koordinasi dengan instansi terkait. Ini implementasi kesiapan yang dilakukan secara keseluruhan. Termasuk angkutan laut, darat dan udara," ungkap Ilyas.

Untuk Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), kata Ilyas, total yang beroperasi sebanyak 3.933 unit. Sedangkan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebanyak 416 unit dan 173 unit pesawat.

Terkait Jalur darat, tambah Ilyas, telah disiapkan kendaraan yang cukup untuk menampung penumpang arus mudik dengan antisipasi di wilayah Parepare. Karena di sana, ada pekerjaan pembangkit listrik tenaga baru yang menggunakan peralatan-peralatan berat. Namun, Ilyas mengaku hal tersebut telah diatasi dengan baik.

"Masalah infrastruktur jalan, ada beberapa kabupaten yang bermasalah, termasuk Kabupaten Sidrap yang belum rampung. Itu kewenangan balai jalan nasional untuk menindaklanjuti. Dan kemarin mereka mengaku siap atasi," ujarnya.

Terkait Uji kelayakan kendaraan angkutan pemudik Lebaran 2017, Ilyas menegaskan setiap kendaraan yang memuat penumpang, termasuk angkutan pariwisata, wajib dilakukan uji kelayakan.
Meskipun uji kelayakan tersebut rutin dilakukan setiap 6 bulan sekali, akan tetapi menghadapi arus lebaran tetap dilakukan pemeriksaan.

"Uji kelayakan kendaraan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, dimana hari pertama dan kedua dilakukan di terminal Daya, sedangkan hari ketiga dilaksanakan di terminal Mallengkeri," tutupnya.


Sumber: kabar.news
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar