Trik Nabung Beli Mobil Selama 1 Tahun Khusus Pasangan Baru


Setelah memiliki rumah sendiri, mobil adalah salah satu aset yang pasti ingin dimiliki selanjutnya. Jika kamu sudah menikah, maka cara menabung akan lebih mudah lagi. Pasalnya, kamu bisa patungan dengan pasangan dan membeli mobil impian.

Dengan 8 cara menabung ini kamu bisa kok membeli mobil dalam waktu 1 tahun. Bagaimana kiatnya?


1. Diskusikan dulu mobil yang mau dibeli, jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan

Kamu bisa berdiskusi dulu dengan pasangan, mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya saja jika kalian hanya berdua dengan buah hati, maka kamu bisa membeli mobil berukuran kecil hingga sedang. Gak perlu gengsi juga untuk membeli mobil dengan merek yang kurang 'ternama'. Yang penting suku cadang mudah didapatkan dan cara perawatannya tak terlalu ribet.


2. Gak perlu baru, ada mobil bekas dengan kualitas yang mumpuni

Mobil bekas juga bisa dijadikan bahan pertimbangan. Di sini kamu bisa mendapatkan mobil dengan harga yang sangat murah. Pasalnya, harga mobil dari tahun ke tahun akan turun hingga 5-10%. Tak masalah kok membeli mobil dengan tahun keluaran 5 tahun terakhir ini, yang penting mesinnya masih prima. Kamu bisa ajak teman yang ahli untuk memilih.


3. Sisihkan uang THR atau bonus ke dalam rekening sendiri, atau langsung masukkan ke deposito

Sama-sama bekerja, kamu dan pasangan bisa berhemat. Jika kamu dan dia mendapatkan THR atau bonus tahunan, maka kalian bisa membaginya. Misalnya saja THR istri untuk kebutuhan hari raya, sedangkan THR suami dimasukkan ke dalam deposito supaya tak tersita untuk kebutuhan lainnya. Kamu bisa mengambil deposito dengan jangka waktu satu tahun, selain uang aman kamu juga bisa mendapat bunga yang lumayan.


4. Ikut tabungan rencana yang auto debit, sistemnya hampir sama dengan deposito. Sebulan kalian bisa sisihkan Rp 500ribu-1juta/orang

Ketika ingin membeli sesuatu, kamu memang harus bisa berkomitmen. Untuk mewujudkan keinginan menabungmu, kamu bisa mengikuti tabungan rencana atau tahapan berjangka. Kamu bebas menentukan jumlah uang setoran per bulan dengan minimal setoran Rp 100 ribu / bulan.

Selain itu, sistem tabungan ini adalah auto debit. Sehingga pada tanggal tertentu pihak bank akan otomatis memotong nominal yang telah disepakati dari tabunganmu dan menyalurkannya ke tabungan rencana. Minimal jangka waktu untuk mengkuti tabungan ini adalah satu tahun.

Jika kamu dan pasangan menyisihkan Rp 500 ribu per orang tiap bulannya, maka dalam satu tahun kalian sudah bisa mengantongi Rp 24 juta.


5. Masukkan lembaran Rp 50 ribu ke toples setiap minggu

Ini adalah cara menabung termudah. Caranya, siapkan toples tembus pandang dengan bagian tutup yang sudah direkatkan dan tak mudah dibuka. Kemudian kamu dan pasangan bisa menabung pecahan Rp 50 ribu tiap minggunya secara bergiliran. Misalnya saja jika minggu pertama adalah giliranmu, maka minggu ke 2 adalah pasangan, minggu ke 3 kembali padamu, dan minggu terakhir giliran pasangan lagi. Cara menabung ini dijamin gak memberatkan dan justru membuat kalian termotivasi.


6. Selalu masak di rumah dan bawa bekal ke kantor, hindari jajan di luar kalau gak terpaksa

Memasak tentu bisa sangat menghemat pengeluaran. Kamu dan pasangan bisa menganggarkan dana sekitar Rp 1 juta untuk dana makan berdua. Dengan memasak sendiri dan membawa bekal ke tempat kerja tentu bakal lebih hemat daripada jajan setiap waktu. Kamu bisa menghemat hingga Rp 3 juta dari sini.


7. Berangkat-pulang bareng ke kantor untuk menekan pengeluaran

Berangkat dan pulang ke kantor bersama adalah cara lain untuk menghemat dana. Dari sini kamu dan pasangan bisa hemat uang bensin karena gak perlu kendaraan sendiri. Selain lebih hemat, cara ini juga membuat hubungan kalian tambah mesra.


8. Kredit jangka panjang, makin besar uang muka maka makin ringan juga cicilannya

Kredit mobil juga bisa jadi salah satu cara yang bisa dicoba. Uang yang sudah kamu kumpulkan dengan trik menabung di atas bisa digunakan sebagai uang muka. Semakin besar uang mukanya maka makin kecil cicilan yang harus kamu setorkan per bulan.

Sudah siap punya mobil sendiri tahun depan?


[idntimes.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar