Kamu Kini Bisa Jelajahi Luar Angkasa dengan Google Street View!


Mulai hari ini kita bisa menjelajahi Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station) melalui Google Street View! Kok bisa? Ternyata Thomas Pesquet, seorang astronot di European Space Agency (ESA), menghabiskan waktu selama enam bulan di pesawat International Space Station (ISS) sebagai insinyur penerbangan.

Dia kembali ke bumi pada bulan Juni 2017, dan menceritakan tentang bagaimana rasanya tinggal di ISS dan pengalamannya ketika mengambil gambar Street View tanpa gravitasi.

Astronot telah bekerja dan tinggal di ISS semenjak 16 tahun yang lalu, sebuah struktur yang terdiri dari 15 modul yang terhubung dan mengapung 250 mil di atas bumi. ISS sendiri bertindak sebagai tempat utama untuk mengeksplorasi luar angkasa, seperti misi ke bulan, planet Mars, dan asteroid yang mungkin terjadi di masa depan, dan juga dapat memberi perspektif unik akan bumi itu sendiri.

Di ISS, data di lautan, atmosfer, dan permukaan bumi juga dikumpulkan. Selain itu, bisa pula melakukan eksperimen dan studi yang tidak bisa dilakukan di bumi, contohnya seperti memantau bagaimana tubuh manusia bereaksi terhadap microgravity, memecahkan misteri tentang sistem kekebalan tubuh, mempelajari cyclones untuk mengingatkan para penduduk dan pemerintah jika ada badai yang mendekat, atau memantau jumlah limbah laut yang meningkat pesat.

Street View tidak mungkin dapat mengumpulkan gambar jika hanya menggunakan metode yang biasa Google lakukan. Sebagai gantinya, tim Street View bekerja sama dengan NASA di Johnson Space Center di Houston, Texas dan Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama untuk merancang metode bebas gravitasi dalam pengambilan gambar menggunakan kamera DSLR dan peralatan yang telah tersedia di ISS. Kemudian mereka mengumpulkan foto-foto di luar angkasa, yang kemudian dikirim kembali ke bumi untuk digabungkan dengan foto lainnya sebelum diubah menjadi sebuah foto panorama 360 derajat!

ISS memiliki peralatan teknis di semua permukaan, dengan banyak kabel dan tata letak yang rumit dengan modul yang meluncur ke segala macam arah. ISS adalah tempat yang sibuk, dengan enam anggota awak yang melakukan kegiatan penelitian dan pemeliharaan selama 12 jam sehari.

Canggih kan? Nampaknya melihat bumi dengan adanya ISS di Street View juga bisa mengubah pandangan kita tentang dunia! Bagaimana menurut kalian?





[jalantikus.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar