Bahasa Indonesia Ada di Luar Negeri, Inilah 7 Negara yang Pelajari Bahasa Indonesia


Bangga menjadi pemuda bangsa Indonesia, bahasa kita tidak hanya akrab di tanah air, namun juga akrab di luar negeri. Negara-negara ini buktinya! Mereka belajar Bahasa Indonesia juga loh!

Nah, berikut ini 7 negara yang belajar juga Bahasa Indonesia!


1. Jepang

Seperti yang kamu ketahui bahwa Jepang menjadi salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia. Tidak heran kalau Jepang juga belajar berbahasa Indonesia. Bahasa Indoensia sendiri menjadi salah satu bahasa yang dikuasi oleh beberapa warga Jepang.


2. Australia

Di Australia, tepatnya di University of Southern Queensland, Program Studi Bachelor of Arts membuka mata kuliah Bahasa Indonesia pada jurusannya. Bahkan kini sudah lebih dari 500 sekolah di Australia memiliki pelajaran Bahasa Indonesia. Jadi, jangan heran kalau anak SD di sana sudah ada yang lancar berbahasa Indonesia.


3. Korea Selatan

Sama dengan warga Indonesia yang sangat antusias menyambut dan mempelajari budaya dari negeri gingseng ini, ternyata Korea Selatan juga sama antusiasnya dalam mempelajari bahasa dan budaya Indonesia. Salah satu perguruan tinggi ternama di Korea, Hankuk University of Foreign Studies (HUFS) adalah perguruan tinggi yang membuka jurusan Bahasa Indonesia. Bahkan di sana membuka 2 jurusan sekaligus, yaitu Department of Malay-Indonesia di College of Oriental Language dan Department of Malay-Indonesian Interpretation College of Interpretation and Translation. Dosen yang mengajar Bahasa Indonesia si perguruan tinggi tersebut pun ternyata berasal dari Jawa Timur, Tengsoe Tjahjono.


4. Suriname

Di Amerika Selatan, tepatnya di Suriname, Bahasa Indonesia ternyata sudah secara akrab didengar bahkan digunakan oleh warga di sana. Sebanyak 14% dari total populasinya bahkan masyarakat yang memiliki darah asli Jawa. Bahasa Indonesia berkembang dan dilestarikan dengan baik di sana.


5. Vietnam

Tahun 2007 lalu Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh, Vietnam, mengunmumkan bahwa Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua Kota Ho Chi Minh. Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City, Irdamis Ahmad, menganggap Bahasa Indonesia setara dengan Bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang sebagai bahasa kedua yang patut diprioritaskan.


6. Kanada

Belakangan ini Kanada merupakan salah satu negara yang menjadi sasaran para pencari kerja internasional. Hal itu karena pendapatan rata-rata tertinggi. Biaya hidup di sana pun jika dibandingkan dengan pendapatan, tidak terlalu mahal. Semakin banyaknya WNI yang bekerja di sana, Kanada merasa Bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari.


7. Ukraina

Institut Filologi di Taras Shevcenko National University of Kyiv, Ukraina ternyata membuka program studi Bahasa Indonesia. Program ini pun sudah berlangsung sejak tahun 2012 loh, Sahabat Trivia!


Indonesia memang bangsa yang kaya, baik dari budaya hingga bahasanya. Setelah melihat negara-negara yang mempelajari Bahasa Indonesa juga, kamu makin cinta nggak nih sama bangsa sendiri?




[trivia.id]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar