Instagram Hadirkan Fitur Baru 'Mute', Seperti Apa?


Instagram kembali memperkenalkan fitur baru bernama 'Mute'. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan unggahan foto teman tanpa harus meng-unfollow teman tersebut.

Fitur Mute pertama kali diperkenalkan pada Selasa (22/5) untuk semua pengguna Instagram. Dengan fitur ini, pengguna akan terhindar dari unggahan teman yang kurang mereka sukai tanpa harus memutus pertemanan di Instagram.

Fitur ini tak akan memberikan notifikasi kepada teman yang di-Mute. Selain itu, pengguna juga tetap bisa melihat unggahan foto dan video teman yang ia Mute dengan cara membuka laman profil teman yang bersangkutan.

Tak hanya itu, fitur Mute juga tidak bersifat permanen. Pengguna bisa membatalkan opsi Mute kapan saja dan melihat kembali unggahan teman yang sebelumnya mereka Mute di laman feed.

"Dengan perubahan ini, Anda dapat membuat feed Anda menjadi lebih dipersonalisasi sesuai dengan apa yang penting untuk Anda," jelas Instagram seperti dilansir Fox News.

Meski telah diperkenalkan secara publik, fitur Mute belum bisa diakses oleh pengguna Instagram saat ini. Fitur baru ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

Seperti dilansir ABC News, fitur atau opsi Mute bisa diakses dengan cara menekan ikon titik tiga di ujung unggahan foto atau video akun yang akan di-Mute. Dari situ, akan muncul pilihan Mute Posts untuk menyembunyikan unggahan foto maupun video dan pilihan Mute Posts and Stories untuk menyembunyikan unggahan foto, video dan story dari akun yang bersangkutan. Opsi Mute juga bisa diakses dengan cara membuka profil akun yang akan di-Mute.

Fitur ini merupakan hal baru bagi Instagram. Namun pada Desember lalu, konsep serupa telah diperkenalkan lebih dulu pada media sosial Facebook yang merupakan pemilik dari Instagram.

Fitur Mute ini semula diaplikasikan di beberapa pengguna iOS. Instagram berencana meluncurkan fitur ke semua akun dalam beberapa pekan mendatang. Sebelumnya, Instagram sudah sempat menawarkan opsi Mute, tapi hanya terbatas pada story, tidak pada unggahan di newsfeed.

Fitur yang sama bisa digunakan di Facebook dengan mengklik pada status seseorang dan memilih unfollow. Saat diaktifkan, berarti status mereka akan berhenti muncul. Fitur ini juga dapat dilakukan di Twitter dengan mengklik pilihan unfollow pada profil seseorang.

Perubahan ini hanya terjadi beberapa bulan setelah Instagram meluncurkan perubahan pada newsfeed, di mana unggahan terbaru akan lebih diprioritaskan berada di posisi teratas. Pembaharuan ini sekaligus menanggapi keluhan pengguna tentang timeline algoritmik yang relatif baru dan membingungkan.




[republika.co.id]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar